Ilustrasi nyeri tulang belakang./Istimewa
Health

Cara Mencegah Nyeri Sendi Karena Aktivitas di Rumah

Ni Luh Anggela
Selasa, 28 September 2021 - 16:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), mungkin Anda lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Sebab, tetap di rumah merupakan cara paling aman untuk menghindari penularan Covid-19. Tapi tahukah Anda bahwa beberapa kegiatan atau aktivitas di rumah dapat menyebabkan nyeri sendi?
 
“Kegiatan di rumah mungkin lebih banyak dikerjakan oleh wanita dibandingkan pria. Itu sebabnya, nyeri sendi akibat aktivitas di rumah lebih banyak dialami wanita dibandingkan pria,” kata dr Samuel P. K. Sembiring, seorang dokter dan edukator kesehatan dalam akun Instagramnya, Selasa (28/9/2021).
 
Sebuah survei di India menunjukkan adanya peningkatan nyeri musculoskeletal pada ibu rumah tangga dengan prevalensi sebagai berikut: punggung bawah 60 persen, bahu 42 persen, punggung atas 38 persen, leher 35  persen, tangan dan pergelangan tangan 29 persen, kaki dan pergelangan kaki 26 persen, lutut, paha, pinggang dan bokong 20 persen serta siku 18 persen.
 
dr Sam mengatakan, ada beberapa aktivitas di rumah yang berpotensi menyebabkan nyeri sendi. Nyeri sendi merupakan kondisi dimana Anda merasa sakit dan tidak nyaman pada sendi, yaitu jaringan yang menghubungkan dan membantu pergerakan antara dua tulang. Apa saja penyebabnya?

1. Berdiri terlalu lama, misalnya memasak atau menggendong  anak.
2. Kegiatan yang memerlukan posisi membungkuk dan jongkok berulang-ulang, seperti mencuci pakaian.
3. Mengangkat  beban yang berat seperti, mengangkat sofa, meja dan barang-barang  berat lainnya.
 
Lalu bagaimana cara mencegah nyeri sendi saat beraktivitas di rumah?

1. Selalu ingat untuk beristirahat
“Jangan lupa sesekali untuk melakukan peregangan,” kata dr Sam. Batasi gerakan-gerakan yang tidak ergonomis seperti banyak membungkuk dan berjongkok.
 
2. Jangan terlalu memaksa untuk mengerjakan semua kegiatan
Daripada melakukan semua kegiatan sendirian, Anda dapat meminta bantuan Asisten Rumah Tangga (ART) atau berbagi tugas dengan anggota keluarga untuk mencegah nyeri sendi.
 
3. Konsumsi suplemen pencegah nyeri sendi
“Mencegah nyeri sendi boleh dibantu dengan suplemen,” kata dr Sam. Pilihlah suplemen yang mengandung glucosamine, chondroitin, dan methylsulfonylmethan (MSM).
 
4. Hindari kebiasaan buruk dan pertahankan kebiasaan baik
Terakhir, hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan pertahankan berat badan ideal Anda untuk mencegah nyeri sendi dan risiko penyakit lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro