Swiss
Travel

Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia 2021, Warganya Tajir Melintir!

Rika Anggraeni
Selasa, 28 September 2021 - 16:17
Bagikan

Negara-negara Lain yang Tajir

4. Qatar

PDB per kapita warga negara Qatar lebih dari US$143.222 pada tahun 2014, dan saat ini bahkan lebih rendah. Namun, cadangan minyak, gas, dan petrokimia negara itu begitu besar, dan populasinya sangat kecil, yakni hanya 2,8 juta.

Ini menimbulkan keajaiban arsitektur ultramodern, pusat perbelanjaan mewah, dan masakan lezat berhasil menduduki puncak daftar negara terkaya di dunia selama 20 tahun bertahun-tahun.

Perekonomian Qatar telah menunjukkan ketahanan tertentu, berkontraksi dengan relatif moderat 2,6 persen pada tahun 2020 dan sekarang diproyeksikan untuk pulih di tengah peningkatan produksi gas dan investasi dalam persiapan untuk Piala Dunia 2022.

5. Swiss

Swiss, negara berpenduduk sekitar 8,6 juta ini berutang banyak kekayaannya kepada perbankan dan layanan asuransi dan pariwisata, serta ekspor seperti produk farmasi, permata dan logam mulia, instrumen, dan mesin presisi.

Menurut perkiraan terbaru, untuk setiap 100.000 penduduk ada 9.428 dari mereka, termasuk miliarder, 11,8 persen dari total hanya mempertimbangkan populasi orang dewasa.

Menurut IMF, untuk respons kebijakan yang cepat dan berkelanjutan melalui pengeluaran darurat dan langkah-langkah penahanan, tetapi juga untuk peningkatan ekonomi Swiss itu sendiri, dengan keuangan publik dan rumah tangga yang solid, industri ekspor yang kompetitif, dan ketergantungan yang rendah pada kontak sektor intensif.

6. Norwegia

Sebagai produsen minyak bumi utama Eropa barat, negara ini telah diuntungkan selama beberapa dekade dari kenaikan harga. Namun, ekonomi Norwegia mengalami kontraksi sebesar 2,5 persen tahun lalu, penurunan tahunan terbesar dalam setengah abad dan mungkin sejak Perang Dunia Kedua.

Meski demikian, pertumbuhan PDB Norwegia sudah diproyeksikan untuk rebound pada tahun 2021 menjadi 3,9 persen.

Lebih jauh lagi, ketika menghadapi masalah ekonomi apa pun yang mungkin menimpa mereka, orang Norwegia selalu dapat mengandalkan dana kekayaan negara senilai US$1,3 triliun, yang terbesar di dunia.

Namun orang Norwegia tahu bahwa dengan kekayaan besar, memiliki tanggung jawab yang besar pula. Angka PDB per kapita yang tinggi mencerminkan kesejahteraan finansial masyarakat, karena Norwegia memiliki kesenjangan ketimpangan pendapatan terendah di dunia.

7. Amerika Serikat

Menurut Institute for Policy Studies, antara Maret 2020 dan April 2021, kekayaan kolektif 719 miliarder Amerika melonjak US$1,62 triliun, dari US$2,95 triliun menjadi US$4,56 triliun.

Kini, Amerika Serikat memiliki kekayaan empat kali lebih banyak daripada sekitar 165 juta orang Amerika di bagian bawah masyarakat. Pada tahun 1990, lembaga think tank mengatakan, situasinya terbalik di mana miliarder bernilai US$240 miliar dan 50 persen terbawah memiliki kekayaan gabungan US$380 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro