Ilustrasi seorang barista menunjukkan kopi buatannya/Freepik.com
Health

Hari Kopi Sedunia: Ini 8 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Annasa Rizki Kamalina
Jumat, 1 Oktober 2021 - 10:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Selain Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober juga diperingati sebagai Hari Kopi Sedunia. Simak 8 manfaat minum kopi untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Menikmati kopi bukan hanya sekedar untuk menemani cemilan atau sebagai teman bercakap. Siapa sangka, kopi memiliki manfaat untuk tubuh. Apalagi jika Anda minum dua cangkir sehari.

Kopi memberikan efek langsung sehingga tubuh lebih berenergi. Kandungan kafein dalam kopi seringkali minuman ini mengganggu siklus tidur. Konsumsi kopi yang cukup sekitar 2-3 gelas sehari tidak akan memberikan dampak buruk, justru Anda akan mendapat banyak manfaat.

Berikut 8 manfaat kopi untuk kesehatan tubuh seperti dilansir dari situs Latestly, Jumat (1/10/2021).

1. Menghilangkan Stres

Peneliti dari Seoul National University menemukan bahwa kopi memiliki kendali pada protein di otak yang bertanggung jawab terhadap stres. Tak hanya itu, kopi juga dapat mengatasi kelelahan akibat kurang tidur.

Konsumsi kopi setiap hari, berdasarkan penelitian, memiliki risiko 10 persen lebih rendah terkena depresi. Hal ini bukan hanya karena kafein yang terkandung, namun antioksidan dalam kopi dapat memperbaiki suasana hati Anda.

2. Menyehatkan Kulit Wajah

Biji kopi memiliki fungsi sebagai eksfoliator yang akan mengangkat sel kulit mati. Penggunaan dalam bentuk masker maupun scrub akan membuat kulit wajah menjadi halus dan glowing.

3. Mengurangi Risiko Parkinson

Kopi terbukti dapat membantu dalam pengobatan penyakit parkinson serta menurunkan risiko penyakit parkinson.

4. Mengurangi Risiko Sirosis Hati

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2006, orang yang minum kopi setiap hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena sirosis hati. Penyakit ini disebabkan karena konsumsi alkohol berlebihan.

Hari Kopi Sedunia: Ini 8 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

5. Memperkuat Stamina

Kopi telah terbukti untuk meningkatkan sirkulasi asam lemak di dalam darah dan akan memperkuat stamina tubuh untuk beraktivitas seharian.

6. Mengontrol Diabetes

Studi yang dilakukan oleh American Chemical Society, konsumsi kopi setiap hari dapat menurunkan 50 persen risiko terkena diabetes tipe 2.

8. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Melansir dari Latestly, penelitian oleh University of South Florida and Miami menemukan bahwa lansia dengan usia 65 tahun ke atas yang minum kopi setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena Alzheimer.

Beragam manfaat dari kopi memang sangat baik, namun perlu diingat juga bahwa kopi bersifat adiktif. Anda wajib mengontrol konsumsi kopi agar tidak belebihan. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan detak jantung bahkan menyebabkan sakit kepala.

Konsumsi kopi yang cukup lebih baik daripada berlebihan, begitu pula pada semua jenis makanan dan minuman. Selamat menikmati kopi hari ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro