Ilustrasi seseorang yang tidak bahagia/Freepik.com
Health

5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata dapat Merusak Tubuh Anda

Ni Luh Anggela
Senin, 4 Oktober 2021 - 15:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tetap sehat dan bugar hingga usia lanjut adalah impian banyak orang. Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar membutuhkan usaha, mulai dari menjaga pola makan hingga tetap aktif berkegiatan.
 
Selain menjaga pola makan yang sehat dan tetap aktif berkegiatan, ternyata ada beberapa kebiasaan yang dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh Anda. Anda mungkin seringkali melakukan beberapa kebiasaan ini, tanpa Anda sadari.
 
Melansir Eat This, Senin (4/10/2021), berikut lima kebiasaan sehari-hari yang menurut para ahli dapat merusak tubuh Anda.

1. Tidak cukup tidur

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit serius mulai dari kanker, penyakit jantung hingga demensia. Itu karena ketika kita tidur, sistem tubuh utama memperbaiki diri, dan ketika Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup, jantung, otak, dan sistem kekebalan Anda tidak mendapatkan perawatan yang memadai. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan jam tidur berkualitas setiap malam. Untuk orang dewasa, National Sleep Foundation merekomendasikan  tujuh hingga Sembilan jam tidur berkualitas setiap malamnya.

2. Duduk terlalu lama

Pandemi mendorong banyak orang untuk mengadopsi pola hidup yang tidak sehat, salah satunya adalah menghabiskan waktu dengan duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama dan kurangnya aktivitas fisik faktanya dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit kardiovaskular, diabetes hingga demensia.

3. Stres terus-menerus

Ketika Anda stres, otak memproduksi lebih banyak hormon stres kortisol, yang merusak sistem kekebalan tubuh. Orang yang mengalami stres kronis lebih rentan terhadap flu biasa dan infeksi virus seperti flu, menurut American Cancer Society. Stres juga dapat menyebabkan penyakit jantung, memperburuk tekanan darah tinggi dan mendorong perilaku tidak sehat (seperti makan berlebihan atau minum terlalu banyak alkohol) yang dapat merusak jantung Anda.

4. Terisolasi

Perasaan kesepian dan terisolasi dapat memicu respons stres, yang menyebabkan peradangan pada tubuh. Studi telah menemukan bahwa orang yang melaporkan merasa kesepian memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker, penyakit kardiovaskular, dan demensia. Agar tubuh Anda berfungsi dengan baik, berusahalah untuk tetap terhubung dengan orang lain setiap hari.

5. Terlalu banyak minum alkohol

Minum terlalu banyak meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan lebih dari 10 jenis kanker. Ini melemahkan sistem kekebalan Anda, dapat menyebabkan penambahan berat badan, dan dehidrasi kulit, membuat Anda terlihat lebih tua. Untuk menghindari semua itu, para ahli merekomendasikan minum secukupnya, artinya tidak lebih dari dua gelas sehari untuk pria dan satu gelas untuk wanita, atau berpantang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro