Kunyit bermanfaat bagi kesehatan/Healthline.com
Health

10 Manfaat Kunyit dan Kurkumin: Antioksidan hingga Cegah Kanker

Dinda Aulia Ramadhanty
Rabu, 6 Oktober 2021 - 21:46
Bagikan

Manfaat Kunyit yang Tidak Anda Ketahui

4. Neurotropik Otak

Sebelum para ilmuwan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai neuron. Mereka meyakini bahwa tidak dapat membelah neuron dan mengembangkannya setelah masa kanak-kanak. Ternyata, bukan itu permasalahannya.

Neuron mampu membentuk koneksi baru, dan di area otak tertentu mereka dapat berkembang biak dan bertambah jumlahnya. Salah satu pendorong utama proses ini adalah brain-derived neurotrophic factor (BDNF). 

BDNF adalah gen yang terlibat dalam pembuatan protein yang bertanggung jawab untuk mempromosikan kehidupan neuron. Protein BDNF berperan dalam memori dan pembelajaran, dan dapat ditemukan di area otak yang bertanggung jawab untuk makan, minum, dan berat badan.

Banyak gangguan otak umum telah dikaitkan dengan penurunan kadar protein BDNF, termasuk depresi dan penyakit Alzheimer. Menariknya, pada suatu penelitian pada hewan telah ditemukan bahwa kurkumin dapat meningkatkan kadar BDNF otak.

Dengan melakukan cara ini, mungkin dapat efektif dalam menunda atau bahkan membalikkan banyak penyakit otak dan penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Namun, karena penelitian ini dilakukan pada hewan, sulit untuk mengatakan apa arti hasilnya bagi manusia.

5. Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Tidak mengherankan, penyakit jantung sangat rumit dan terdapat berbagai hal berisiko pada penyakit ini.

Berkaitan dengan hal tersebut, kurkumin dapat membantu membalikkan banyak langkah dalam proses penyakit jantung. Mungkin manfaat utama kurkumin untuk penyakit jantung adalah meningkatkan fungsi endotelium, yaitu lapisan pembuluh darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tak hanya itu, sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kurkumin sama efektifnya dengan olahraga pada wanita pascamenopause.

6. Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Diketahui begitu banyak jenis kanker yang berbeda, yang tampaknya terpengaruh oleh suplemen kurkumin.

Kurkumin telah dipelajari sebagai ramuan bermanfaat dalam pengobatan kanker dan telah ditemukan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker. Studi menunjukkan bahwa kurkumin dapat memberikan manfaat, antara lain:

- Berkontribusi membunuh sel kanker
- Mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor
- Mengurangi metastasis (penyebaran kanker)


7. Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan bentuk paling umum dari demensia dan dapat berkontribusi hingga 70 persen dari seluruh kasus demensia. Sementara pengobatan keluar untuk beberapa gejalanya, belum ada obat khusus untuk Alzheimer itu sendiri. Itulah mengapa mencegahnya terjadi sejak awal sangat penting.

Diketahui bahwa peradangan dan kerusakan oksidatif berperan dalam penyakit Alzheimer. Karena itu, kurkumin memiliki efek menguntungkan pada keduanya.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kurlumin dapat membantu membersihkan plak amiloid akibat salah satu ciri utama penyakit Alzheimer yaitu adanya penumpukan protein kusut yang disebut plak amiloid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro