Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Meredakan Mual Hingga Mencegah Kanker, Ini 11 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Jahe berguna untuk meredakan mual, muntah bagi orang yang baru saja menjalani operasi dan kemoterapi.
Annasa Rizki
Annasa Rizki - Bisnis.com 07 Oktober 2021  |  18:30 WIB
Karambi Jahe pane - Bisnis/Azizah Nur Alfi
Karambi Jahe pane - Bisnis/Azizah Nur Alfi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jahe merupakan tanaman berbunga yang berasal dari Asia. Diantara banyak rempah, bisa dikatakan bahwa jahe yang paling banyak memiliki manfaat bagi kesehatan dan rasanya yang sangat enak.  

Tanaman rhizoma ini berasal dari keluarga Zingiberaceae yang dekat atau mirip dengan kunyit, kapulaga, dan lengkuas. Dari semua bagian tanaman jahe, bagian rimpang yang digunakan untuk rempah-rempah.  

Jahe dapat dimakan secara langsung atau dalam bentuk kering, bubuk, minyak, maupun sarinya. Pada beberapa makanan bahkan kosmetik pun ada yang mengandung jahe.  

Berikut ini 11 manfaat jahe untuk kesehatan yang perlu kamu tahu berdasarkan penelitian:

1. Mengandung gingerol  

Sudah ribuan tahun jahe digunakan untuk sebagai obat alternatif dan tradisional. Mulai dari obat pencernaan, meredakan mual, dan membantu melawan flu dan demam.  

Aroma dan rasa yang unik dari jahe muncul dari minyak alaminya, yaitu gingerol. Senyawa bioaktif ini merupakan bahan utama obat dalam jahe.

Gingerol memiliki efek anti inflamasi atau anti peradangan dan antioksidan. Keberadaan antioksidan akan melawan stres oksidatif sehingga tubuh terhindar dari radikal bebas. 

2. Meredakan mual

Jahe berguna untuk meredakan mual maupun muntah bagi orang yang baru saja menjalani operasi. Rempah ini juga membantu meredakan mual yang diakibatkan obat kemoterapi.

Sementara itu, jahe paling berguna bagi ibu hamil saat mengalami mual di pagi hari atau morning sickness

Meskipun jahe terbilang aman, ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan Anda sebelum mengonsumsinya. 

3. Membantu menurunkan berat badan  

Rempah dengan rasa pedas dan hangat ini dapat membantu menurunkan berat badan berdasarkan penelitian pada tikus dan manusia.  

Kemampuan jahe untuk mempengaruhi penurunan berat badan mungkin terkait dengan mekanisme tertentu, seperti potensinya untuk membantu meningkatkan jumlah kalori yang terbakar atau mengurangi peradangan.

4. Mengobati ostheoarthritis 

Ostheoarthritis (OA) merupakan penyakit yang umum terjadi. Gejala dari penyakit ini yaitu nyeri sendi dan mengalami kaku pada bagian tertentu. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasien dengan OA lutut yang mengonsumsi jahe antara 100mg – 1g per hari selama 3-12 minggu merasakan lebih sedikit nyeri.  

5. Menurunkan gula darah dan risiko serangan jantung 

Konsumsi 2g ekstrak jahe sehari dapat menurunkan gula darah sebesar 12 persen berdasarkan penelitian dari 41 pasien dengan diabetes tipe 2.  

Jahe memengaruhi hemoglobin A1c (HbA1C), yaitu penanda kadar gula darah dalam tubuh. Konsumsi jahe akan membuat HbA1c berkurang 10 persen selama 12 minggu. 

Ada juga penurunan 28 persen dalam rasio Apolipoprotein B/Apolipoprotein A-I dan 23 persen pengurangan malondialdehid (MDA), yang merupakan produk sampingan dari stres oksidatif. Rasio ApoB/ApoA-I yang tinggi dan kadar MDA yang tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. 

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jahe
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top