Diet/boldsky.com
Health

Berapa Kilogram Berat Badan Turun yang Aman dalam 1 Bulan?

Mia Chitra Dinisari
Senin, 11 Oktober 2021 - 17:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang berusaha untuk menurunkan berat badan lewat cara diet.

Ada yang lewat diet sehat, tapi ada juga yang ekstrim. Bahkan, ada orang yang bisa turun puluhan kilogram dalam waktu singkat. Sehatkah itu?

Dilansir dari Times of India, penurunan berat badan yang cepat sama sekali tidak sehat. Bahkan dapat membuat Anda berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan.

Meskipun seseorang harus mencoba dan mempertahankan berat badan ideal mereka, jika mereka tidak dapat melakukannya, itu tidak berarti mereka tidak sehat. Menurunkan berat badan secara bertahap adalah cara terbaik untuk mempertahankannya dalam jangka panjang.

Berapa banyak berat badan yang bisa Anda turunkan dalam sebulan?

Menurut para ahli, menurunkan berat badan sekitar 0,5 kilogram dalam seminggu adalah ideal, yang artinya dua kilogram dalam sebulan adalah angka aman dan ideal. Untuk melakukannya, konsumsilah diet kalori defisit bersama dengan olahraga teratur dan makan sehat. Kehilangan sekitar 1,5 hingga 2,5 kilogram berat badan dalam sebulan dianggap sehat.

Kehilangan lebih dari ini berarti Anda memberi tekanan pada fungsi tubuh dan organ dalam Anda, terutama ginjal. Orang biasanya makan makanan berprotein tinggi saat mencoba menurunkan berat badan, yang memberi lebih banyak tekanan pada ginjal.

Jika Anda kehilangan 5 kilo atau lebih dalam sebulan, itu bisa membuat Anda merasa lemah, lelah, lesu dan mual. Jika ini terjadi pada Anda, Anda perlu melihat kembali diet Anda dan berkonsultasi dengan profesional untuk mendapatkan bantuan.

Ketika Anda menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, tingkat energi Anda harus memadai dan Anda harus merasa sehat dari dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro