Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hindari 7 Kebiasaan Buruk Ini yang Dapat Menyebabkan Penuaan Kulit

Berikut 7 kebiasaan buruk yang perlu dihindari karena dapat menyebabkan penuaan wajah dan kulit seperti dilansir dari eatthis.com.
Ithamar Yaomi DC
Ithamar Yaomi DC - Bisnis.com 12 Oktober 2021  |  16:40 WIB
Ilustrasi kulih wajah mengalami penuaan dini - Times Now
Ilustrasi kulih wajah mengalami penuaan dini - Times Now

Bisnis.com, JAKARTA – Ada berbagai macam suplemen anti-penuaan dan produk perawatan kulit di berbagai toko obat. Namun, tahukah Anda ada 7 kebiasaan buruk yang perlu dihindari karena dapat menyebabkan penuaan kulit?

Kenyataannya hanya sedikit orang yang menyadari untuk memperlambat proses penuaan bukanlah tentang memasukkan lebih banyak suplemen ke dalam tubuh. 

Dokter Naturopati Tricia Pingel mengatakan proses penuaan wajah dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti pola makan dan gaya hidup. Menurutnya, penuaan sel-sel wajah ditentukan oleh telomer.

"Telomer merupakan rantai protein kecil yang berada di ujung DNA Anda dan melindungi kromosom Anda dari kerusakan. Dalam istilah yang sedikit lebih sederhana untuk dipahami, semakin panjang telomer Anda, semakin terlindungi DNA Anda, dan semakin sedikit tanda-tanda penuaan," ujar dokter Tricia Pingel seperti dikutip dari eatthis.com, Selasa (12/11/2021).

Penelitian menunjukkan bahwa Anda tidak hanya akan menua lebih lambat, tetapi telomer yang lebih lama. Hal itu terkait dengan umur yang lebih panjang dan kemungkinan perkembangan penyakit yang lebih rendah.

Berikut 7 kebiasaan buruk yang perlu dihindari karena dapat menyebabkan penuaan wajah dan kulit seperti dilansir dari eatthis.com.

1. Kurang Tidur

Semua orang pasti ingin tidur dengan cukup, namun hal itu menjadi hal yang sulit dilaksanakan. Jadwal yang padat, stres, dan lingkungan yang mengganggu hanyalah beberapa faktor yang membuat kita sulit mendapatkan tidur berkualitas. Namun, manusia memang membutuhkan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan.

"Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan sumsum tulang, di mana sel punca dibuat. Sel punca ini penting untuk memperbaiki segala sesuatu mulai dari sistem kekebalan, otak, hingga tulang, dan masih banyak lagi. Kurang tidur hanya empat jam sudah cukup untuk memotong aktivitas sel induk ini menjadi dua," kata Ann Louise Gittleman

2. Kurang Minum

Minum cukup air mungkin hanyalah kebiasaan, tetapi tidak banyak orang yang mempertahankan kebiasaan tersebut. Hidrasi sangat penting bagi sel-sel kita untuk mempromosikan penuaan yang sehat.

Ketika Anda mengalami dehidrasi, kulit Anda menunjukkannya dalam bentuk kerutan, perubahan warna, dan kendur. Bukan itu saja, ada juga beberapa indikasi bahwa dehidrasi kronis dapat memperpendek panjang telomer.

"Dampak mengempis di luar ini juga disalurkan ke dalam, di mana sel-sel Anda kekurangan air yang berdampak pada penyerapan nutrisi yang tepat," kata dokter Pingel.

3. Stres

Jika Anda menjadikan stres dan masalah sebagai kebiasaan, itu benar-benar akan membawa Anda menua dengan cepat. Menurut penelitian, stres secara terus-menerus dapat mengubah DNA kulih Anda. Stres dapat menyebabkan kerutan, garis, jerawat, tekanan darah, gangguan tidur, bahkan penambahan berat badan.

Semua ini akan membuat Anda terlihat jauh lebih tua dari usia yang sebenarnya. Hal itu tentu akan membuat Anda lebih stres.

"Stres meningkatkan kadar kortisol, ketidakseimbangan kortisol dapat menyebabkan peradangan, penambahan berat badan, stres tambahan, kurang tidur," kata dokter Seema Bonney, pendiri dan direktur medis dari Anti-Aging & Longevity Center of Philadelphia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penuaan tips cantik perawatan wajah
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top