Gejala asam urat pada kaki
Health

Kenali Penyebab dan Gejala Asam Urat

Annasa Rizki
Selasa, 12 Oktober 2021 - 18:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Artritis gout merupakan istilah untuk gangguan yang terjadi karena penumpukan asam urat pada sendi. Dalam istilah sehari-hari, disebut juga dengan encok atau asam urat. 

Penderita asam urat kerap kali merasakan bengkak dan nyeri sendi di kaki terutama bagian jempol. Rasa sakit yang menyerang tiba tiba akan terasa seperti terbakar. Kejadian ini juga sering disebut dengan gout attack atau serangan asam urat.   

Asam urat dapat dicegah dan diobati. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Penyebab asam urat

Penumpukan asam urat dalam darah terjadi akibat pemecahan purin. Pada beberapa kondisi seperti gangguan metabolisme atau dehidrasi akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak asam urat.  

Masalah pada ginjal, tiroid, dan penyakit turunan lainnya dapat membuat tubuh Anda lebih sulit untuk membuang kelebihan asam urat. Risiko menderita penyakit asam urat akan lebih tinggi pada orang dengan kriteria berikut.  

1. Pria dewasa atau perempuan yang sudah menopause  

2. Memiliki riwayat penyakit asam urat  

3. Konsumsi alkohol  

4. Konsumsi diuretik dan siklosporin 

5. Menderita tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, tiroid, diabetes, dan apnea 

Selain kondisi tersebut, asam urat juga dapat muncul karena mengonsumsi makanan yang tinggi purin. Makanan tinggi purin antara lain, alkohol, daging merah, soda, ikan kod, salmon, kerang, dan jeroan.  

Sebagian kasus asam urat disebabkan oleh faktor keturunan. Melansir dari Healthline, Selasa (12/10/2021) penelitian yang telah dilakukan menemukan gen yang meningkatkan kerentanan orang terhadap asam urat, termasuk SLC2A9 dan ABCG2.  

Gen yang terkait dengan asam urat memengaruhi jumlah asam urat yang ditahan dan dilepaskan tubuh. Pola makan yang buruk akan cenderung meningkatkan kemungkinan terkenanya asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro