Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada! 5 Gejala Kanker Payudara, Selain Benjolan

Berikut 5 gejala kanker payudara yang perlu Anda waspadai selain benjolan di dada seperti dilansir dari Times of India, Minggu (17/10/2021).
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 17 Oktober 2021  |  18:56 WIB
Ilustrasi penyintas Kanker payudara - hindustantimes.com
Ilustrasi penyintas Kanker payudara - hindustantimes.com

Bisnis.com, JAKARTA - Benjolan di dada merupakan tanda khas kanker payudara, baik pada pria maupun wanita. Simak 5 gejala kanker payudara yang perlu Anda ketahui selain benjolan

Ketika sel kanker berkembang biak, hal itu mengarah pada pertumbuhan massa sel yang tidak merata di payudara. Benjolan ini dapat dengan mudah dideteksi saat disentuh.

Meski jarang terjadi, ada pasien yang tidak merasakan benjolan atau pertumbuhan sel yang tidak merata. Hal itu sering mengakibatkan keterlambatan dalam deteksi dan pengobatan dini.

Selain benjolan, beberapa gejala tambahan mungkin juga muncul ketika menderita kanker jenis ini. Mengetahui tentang tanda-tanda ini sama pentingnya untuk melakukan tes kanker payudara sedini mungkin. Hal ini penting untuk memulai pengobatan untuk mengekang pertumbuhan sel abnormal sebelum mulai menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Berikut 5 gejala kanker payudara yang perlu Anda waspadai selain benjolan di dada seperti dilansir dari Times of India, Minggu (17/10/2021).

1. Perubahan Tekstur

Kanker payudara juga dapat menyebabkan perubahan tekstur kulit payudara Anda. Hal ini disebabkan karena peradangan yang disebabkan oleh pertumbuhan sel kanker. Kondisi ini juga dapat menyebabkan perubahan warna kulit.

Kulit payudara Anda mungkin mulai tampak bersisik di sekitar puting dan areola dan bahkan mungkin tampak tebal di beberapa bagian. Bahkan, eksim dan dermatitis pada payudara juga bisa menjadi tanda dari jenis kanker payudara yang langka.

2. Puting Mengeluarkan Cairan

Keluarnya cairan dari puting susu bukanlah hal yang normal. Umumnya. Pada kasus kanker payudara, puting mengeluarkan cairan berwarna kuning, hijau, atau merah seperti susu. Jika Anda tidak menyusui dan puting masih mengeluarkan cairan, segera konsultasikan ke dokter.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker kanker payudara Gejala Penyakit
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top