Pria sakit pinggang/istimewa
Health

Kenali Gejala Kanker Kandung Kemih Berikut Ini

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 24 Oktober 2021 - 15:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker kandung kemih terjadi ketika tumor berkembang di lapisan kandung kemih, dan dalam beberapa kasus tumor menyebar ke otot kandung kemih.

Sekitar 10.000 orang didiagnosis menderita kanker kandung kemih setiap tahun, dan ada sejumlah gejala.

Cancer Research UK mengatakan bahwa kanker kandung kemih adalah bagian dari sistem kemih, yang menyaring produk limbah dari darah Anda dan membuat urin.

Jika kanker kandung kemih menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti organ lain, itu dikenal sebagai kanker kandung kemih metastatik. Banyak tanda-tanda kanker kandung kemih dapat terlihat dalam urin Anda, tetapi ada juga sejumlah tanda lain yang mungkin dialami beberapa orang.

NHS mengatakan gejala paling umum dari kanker kandung kemih adalah darah dalam urin, "yang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit".

"Jika Anda melihat darah dalam urin Anda, bahkan jika itu datang dan pergi, Anda harus mengunjungi dokter Anda, sehingga penyebabnya dapat diselidiki." tulis mereka dilansir dari Express.

Nama medis untuk darah dalam urin Anda adalah hematuria. Anda mungkin melihat garis-garis darah dalam urin Anda atau darah dapat mengubah urin Anda menjadi warna coklat.

Cancer Research UK mengatakan darah dalam urin adalah gejala paling umum dari kanker kandung kemih, dengan sekitar delapan dari 10 orang dengan kanker kandung kemih memiliki darah dalam urin mereka. Tapi, darah pada urin juga bisa disebabkan karena batu ginjal.

NHS mengatakan gejala kanker kandung kemih yang kurang umum termasuk kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering, desakan tiba-tiba untuk buang air kecil, dan sensasi terbakar saat buang air kecil.

Tapi, selain darah pada urin dan rasa ingin buang air tadi, nyeri punggung di satu sisi tubuh bisa menandakan adanya masalah tersebut.

Badan kesehatan mencatat bahwa jika kanker kandung kemih mencapai stadium lanjut dan telah menyebar, gejalanya dapat berupa nyeri panggul, nyeri tulang, penurunan berat badan yang tidak disengaja, dan pembengkakan pada kaki.

Cancer.Net telah menguraikan beberapa informasi dari American Society of Clinical Oncology seputar beberapa tanda lain, salah satunya dapat terjadi di punggung Anda.

Mereka menambahkan bahwa kadang-kadang ketika gejala pertama kanker kandung kemih muncul, kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Ini berarti gejalanya tergantung di mana kanker telah menyebar.

Organisasi tersebut menyatakan kanker yang telah menyebar ke paru-paru dapat menyebabkan batuk atau sesak napas, menyebar ke hati dapat menyebabkan sakit perut atau penyakit kuning (menguningnya kulit dan bagian putih mata), dan menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri tulang atau patah tulang (patah tulang).

Selain nyeri punggung atau panggul, kehilangan nafsu makan yang tidak dapat dijelaskan, dan penurunan berat badan bisa juga menjadi indikasi kanker tersebut.

Cancer Research UK mengatakan bahwa kanker kandung kemih biasanya membutuhkan waktu lama untuk berkembang, sehingga paling sering terjadi pada orang tua.

Hampir 60 persen kasus baru terjadi pada orang berusia 75 tahun ke atas, dan jarang terjadi pada orang di bawah 40 tahun.

Juga, lebih banyak pria daripada wanita yang terkena kanker kandung kemih. Ini mungkin hanya karena lebih banyak pria daripada wanita yang merokok atau terpapar bahan kimia di tempat kerja dalam beberapa dekade terakhir.

NHS mengatakan sebagian besar kasus kanker kandung kemih tampaknya disebabkan oleh paparan zat berbahaya, yang menyebabkan perubahan abnormal pada sel kandung kemih selama bertahun-tahun.

Asap tembakau adalah penyebab umum dan diperkirakan lebih dari satu dari tiga kasus kanker kandung kemih disebabkan oleh merokok.

Paparan bahan kimia industri tertentu adalah faktor risiko terbesar kedua. Studi telah memperkirakan bahwa ini dapat menyebabkan sekitar 25 persen kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro