Kacang merah
Health

Makanan yang Bisa Bikin Panjang Umur

Mia Chitra Dinisari
Senin, 25 Oktober 2021 - 18:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, orang yang rutin makan daging olahan, gula halus, dan daging merah berlemak memiliki 21 persen peningkatan risiko kematian dan 22 persen risiko penyakit kardiovaskular lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, ikan dan sayuran

Secara harfiah benar bahwa kita adalah apa yang kita makan. Apa yang kita makan setiap hari menentukan apakah kita akan memiliki umur panjang dan sehat atau diganggu dengan risiko penyakit kronis.

Sesuai studi baru, pengikut diet yang bijaksana lebih aman dari kematian dan risiko penyakit jantung masing-masing sebesar 17 persen dan 28 persen.

Para ahli dan peneliti telah menekankan fakta bahwa apa yang Anda makan dapat menjadi faktor penentu dalam hal kesehatan secara keseluruhan. Untuk studi baru, para ahli memeriksa daerah di mana orang tinggal paling lama. Dan kemudian diketahui bahwa ada satu kelompok makanan yang mereka semua konsumsi, yang bisa menjadi rahasia di balik umur panjang mereka.

Daerah ini dikenal sebagai zona biru dan sering diperiksa oleh para ahli untuk kesamaan gaya hidup dan kebiasaan makan. Satu hal yang umum mereka semua konsumsi adalah kacang-kacangan (kacang-kacangan).

Kenapa kacang-kacangan bisa bikin panjang umur? Kacang kaya akan protein, serat dan memiliki gula dan lemak yang sangat rendah. Protein membantu menjaga berat badan, membangun otot, serat membantu membuat Anda kenyang lebih lama, menurunkan risiko hipertensi, gangguan pencernaan, demensia, diabetes, dan depresi. Kacang juga memiliki antioksidan kuat yang disebut polifenol, yang menurut para peneliti dapat membantu penuaan yang sehat.

Jadi, berikut jenis kacang-kacangan yang bisa bikin Anda panjang umur seperti dilansir dari Times of India :

1. Kacang merah

Kacang merah, populer disebut rajma penuh dengan protein, serat dan zat besi. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kacang merah tua dan nasi secara bersamaan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Kacang merah dengan nasi juga merupakan bahan dasar dari banyak hidangan tradisional, sehingga banyak orang merasa mudah untuk mengikuti jenis diet sehat ini.

2. Buncis

Satu cangkir buncis yang dimasak memiliki 14,53 gram protein, 12,50 gram serat, dan 4, 74 miligram zat besi. Buncis dapat ditambahkan ke salad dan orang-orang juga memilikinya sebagai camilan panggang.

Buncis membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Ini juga membantu menjaga kadar gula darah dan berat badan yang sehat.

3. Kacang hitam

Kacang hitam biasanya digunakan dalam masakan Amerika Selatan dan Tengah. Mereka adalah bahan umum dalam nasi, hidangan kacang, dan burrito. Satu cangkir kacang hitam yang dimasak memiliki 15,24 gram protein, 15 gram serat, dan 3,61 gram zat besi. Kacang hitam juga baik dalam menjaga kadar gula darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro