Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konsumsi Ramuan Ini Agar Kadar Kolesterol Jahat Anda Turun

Bawang putih memang memiliki bau yang menyengat. Namun memiliki manfaat yang dapat membantu Anda, termasuk menurunkan kolesterol.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  15:28 WIB
Bawang putih - boldsky.com
Bawang putih - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Mengonsumsi makanan yang sehat menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah kolesterol tinggi.

Untuk itu, Anda perlu meninggalkan makanan yang tidak sehat dan menambahkan beberapa pengganti makanan baru, untuk menyehatkan Anda.

Tubuh Anda sebenarnya membutuhkan kolesterol agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, jika terlalu banyak kolesterol ‘jahat’ atau LDL, maka Anda memiliki kolesterol yang tinggi.

Kolesterol LDL, merupakan singkatan dari kolesterol lipoprotein densitas rendah. Kolesterol LDL dapat menyumbat arteri Anda. Sedangkan, kolesterol HDL atau high density lipoprotein adalah zat penting yang membantu mencegah penyakit. 

Penyebab utama dibalik kolesterol tinggi sendiri adalah diet tinggi berlemak, meminum terlalu banyak alkohol, kelebihan berat badan, merokok, dan tidak berolahraga secara cukup.

Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. Makanan tersebut adalah bawang putih.

Bawang putih memang memiliki bau yang menyengat. Namun memiliki manfaat yang dapat membantu Anda.

Sejak zaman Mesir Kuno, Bawang Putih telah digunakan sebagai obat alami untuk segala macam kondisi: dari flu biasa hingga sakit gigi.

Namun, penelitian menunjukkan bawang putih dapat membantu mengobati kolesterol tinggi. Satu studi menemukan kadar kolesterol peserta turun rata-rata sembilan persen setelah makan satu siung bawang putih sehari selama tiga bulan.

Bukan hanya itu, penelitian menemukan khasiat penyembuhan bawang putih kemungkinan besar berasal dari zat aktif yang memberikan aroma kuat, yakni senyawa belerang yang disebut allicin.

Allicin adalah sejenis antioksidan, dan antioksidan dianggap membantu mencegah kolesterol teroksidasi dan berubah menjadi plak keras di arteri Anda.

Selain menggunakan bawang putih, Anda perlu memastikan Anda makan banyak serat, menambahkan lebih banyak sterol ke dalam makanan Anda, dan makan banyak buah dan sayuran, sambil menghindari terlalu banyak lemak jenuh.

Selain itu, Anda juga harus ingat bahwa bawang putih menjadi tambahan untuk makanan Anda, bukan untuk pengganti. Jadi Anda dapat memasak dengan bawang putih ataupun mengonsumsi suplemen bawang putih.

Selain itu, bawang putih juga memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung lainnya karena memiliki antioksidan kuat dan sifat anti-inflamasi. Bawang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Anda juga perlu menghindari mengonsumsi terlalu banyak garam jika ingin terhindar dari risiko penyakit jantung. Para ahli mengatakan bahwa Anda tidak boleh makan lebih dari satu sendok teh garam per hari.

Dengan menambahkan makanan Anda dengan bawang putih, maka Anda akan menambahkan aroma pada masakan Anda. Bawang putih juga memiliki nutrisi yang tinggi, rendah kalori, dan dapat menyehatkan jantung.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bawang Putih kolesterol
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top