Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Jenis Kecerdasan Manusia dan Pilihan Karir yang Cocok 

Ada delapan jenis kecerdasan manusia yang masing-masing mewakili cara seseorang memproses informasi dengan cara terbaik.
Annasa Rizki
Annasa Rizki - Bisnis.com 01 November 2021  |  10:53 WIB
8 Jenis Kecerdasan Manusia dan Pilihan Karir yang Cocok 
Ada 8 jenis kecerdasan manusia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Semua manusia memiliki jenis kecerdasan masing-masing dan itulah salah satu hal yang membuat setiap orang berbeda.

Jenis kecerdasan manusia meliputi kualitas mental yang terdiri dari kemampuan untuk belajar dari pengalaman, beradaptasi dengan situasi baru, memahami dan menangani konsep-konsep abstrak, dan menggunakan pengetahuan untuk memanipulasi lingkungan seseorang, dikutip dari Britannica, Senin (1/11/2021).

Menurut Howard Gardner, seorang pskilog Harvard dalam bukunya, Frames of Mind menyatakan bahwa ada delapan jenis kecerdasan manusia yang masing-masing mewakili cara seseorang memproses informasi dengan cara terbaik. Gardner menamakannya "the theory of multiple intelligences."

Berikut 8 jenis kecerdasan manusia menurut Gardner, melansir dari Times of India:

1. Kecerdasan Spasial atau Visual 

Orang-orang dengan kecerdasan seperti ini pandai memvisualisasikan hal-hal dalam berbagai dimensi. Melalui kecerdasan ini, individu dapat secara alami terampil dalam peta, bagan, teka-teki, mengenali pola, menggambar, melukis, dan seni visual.

Pilihan karir potensial: pilot, perancang busana, arsitek, ahli bedah, artis, atau insinyur.

2. Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan kinestetik-jasmani dapat terlihat dari pandainya individu dalam gerakan dan tindakan tubuh. Individu dengan kecerdasan ini memiliki kontrol fisik yang luar biasa, koordinasi dan keseimbangan antara tangan dan mata yang sangat baik. Orang-orang seperti ini secara alami pandai menari dan olahraga. Selain itu, ia lebih mudah mengingat sesuatu dengan gerakan, daripada mendengar atau melihat.

Pilihan karir potensial: penari, terapis fisik, pematung, atlet, mekanik, pembangun atau aktor.

3. Kecerdasan Linguistik 

Kecerdasan linguistik atau verbal mengacu pada kemampuan menggunakan kata-kata dengan baik saat menulis maupun membaca. Orang-orang seperti ini sangat peka terhadap arti kata, urutan kata, bunyi, dan ritme. Individu dengan kecerdasan ini senang membaca dan menulis, ikut serta dalam debat, dan menghafal informasi.

Pilihan karir potensial: penyair, novelis, jurnalis, editor, pengacara, guru.

Jenis Kecerdasan Manusia

4. Kecerdasan Intrapersonal 

Individu dengan kecerdasan ini memiliki perasaan yang kuat dan peka, mengetahui keadaan emosi sendiri dan memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran mereka. Ia akan menikmati refleksi diri, analisis, dan menilai kekuatan mereka.

Pilihan karir potensial: terapis, konselor, psikolog, pengusaha, filsuf dan ahli teori.

5. Kecerdasan Logis 

Orang yang kuat dalam kecerdasan logis-matematis pandai menalar dan menganalisis masalah secara logis. Keterampilan pemecahan masalah yang sangat baik, suka melakukan eksperimen ilmiah, dan dapat menyelesaikan perhitungan yang rumit adalah ciri dari individu ini.

Pilihan karir potensial: programmer komputer, matematikawan, ekonom, akuntan, ilmuwan, insinyur.

6. Kecerdasan Musikal

Tidak semua orang dapat menjadi penyanyi yang hebat. Orang yang lebih peka terhadap ritme, nada, dan melodi memiliki kecerdasan musikal. Mereka dapat bermain dan mempelajari beberapa alat musik dan memiliki apresiasi yang kuat terhadap musik.

Pilihan karir potensial: penyanyi, konduktor musik, dj, guru musik, penulis lagu dan komposer.

Jenis Kecerdasan Manusia main musik

7. Kecerdasan Interpersonal 

Orang dengan kecerdasan interpersonal yang tinggi pandai memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka dapat dengan mudah menilai emosi, suasana hati, perasaan, dan temperamen orang lain. Orang-orang ini dapat berkomunikasi dengan baik secara verbal dan bahkan terampil dalam komunikasi nonverbal. Mereka selalu berusaha untuk menyelesaikan konflik dan menciptakan hubungan yang positif dengan orang lain.

Pilihan karir potensial: manajer tim, negosiator, politisi, humas, tenaga penjual, dan psikolog.

8. Kecerdasan Naturalistik

Jika Anda senang dengan botani atau alam, mungkin Anda memiliki kecerdasan naturalistik. Kecerdasan ini sering tertarik pada pengasuhan, lingkungan, dan belajar tentang spesies lain. Individu akan tertarik pada mata pelajaran seperti botani, biologi, dan zoologi dan menikmati berkemah, berkebun, hiking.

Pilihan karir potensial: ahli geologi, petani, ahli botani, konservasionis, dan toko bunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manusia otak kecerdasan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top