Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kena Asam Urat ? Berikut 8 Cara Alami untuk Turunkan Kadarnya

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini akan memicu peradangan, sehingga penderita akan mengalami gejala nyeri dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 November 2021  |  08:20 WIB
Asam urat
Asam urat

Bisnis.com, JAKARTA - Asam urat adalah jenis radang sendi yang berkembang ketika kadar asam urat darah tinggi secara tidak normal. Asam urat membentuk kristal di persendian, seringkali di kaki dan jempol kaki, yang menyebabkan pembengkakan parah dan menyakitkan.

Dikutip dari Alodokter, Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Akan tetapi pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini akan memicu peradangan, sehingga penderita akan mengalami gejala nyeri dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Selain di sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu ginjal atau batu saluran kemih.

Perlu diketahui, meski disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia), tidak semua orang dengan hiperurisemia mengalami penyakit asam urat.

Beberapa orang memerlukan obat untuk mengobati asam urat, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat membantu. Menurunkan asam urat dapat mengurangi risiko asam urat dan bahkan dapat mencegah serangan berikutnya pada orang dengan kondisi ini.

Namun, risiko asam urat tergantung pada beberapa faktor, bukan hanya gaya hidup, jadi penting untuk berbicara dengan dokter tentang strategi pencegahan asam urat terbaik.

Jika Anda salah satu penderita asam urat, berikut delapan cara alami untuk menurunkan kadar asam urat dilansir dari Medical News Today :

1 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obat asam urat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top