Kopi. /Arah Kopi
Health

Kena Asam Urat ? Berikut 8 Cara Alami untuk Turunkan Kadarnya

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 4 November 2021 - 08:21
Bagikan

Bagian 2

5. Hindari alkohol dan minuman manis

Konsumsi berat alkohol dan minuman manis – seperti soda dan jus manis – berkorelasi dengan peningkatan risiko asam urat.

Alkohol dan minuman manis juga menambah kalori yang tidak perlu ke dalam makanan, berpotensi menyebabkan penambahan berat badan dan masalah metabolisme.

6. Minum kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi cenderung tidak mengalami asam urat. Misalnya, analisis data tahun 2010 dari peserta wanita dalam Nurses' Health Study menemukan bahwa risiko asam urat menurun saat konsumsi kopi meningkat.

Wanita yang mengonsumsi 1 hingga 3 cangkir kopi per hari memiliki penurunan risiko asam urat sebesar 22% dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Wanita yang mengonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi per hari memiliki penurunan 57% risiko terkena kondisi ini.

Sejumlah penelitian juga mengaitkan konsumsi kopi dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Sebuah tinjauan sistematis dan meta-analisis 2014 tentang konsumsi kopi jangka panjang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 3-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko penyakit kardiovaskular terendah.

Karena orang dengan asam urat memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi, minum kopi dapat membantu meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

7. Cobalah suplemen vitamin C

Mengkonsumsi suplemen vitamin C dapat menurunkan risiko asam urat. Sebuah meta-analisis 2011 dari 13 uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa vitamin C secara signifikan mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Penurunan kadar asam urat dapat menurunkan risiko serangan asam urat. Namun, penelitian belum secara meyakinkan membuktikan bahwa vitamin C mengobati atau mencegah asam urat – hanya saja vitamin C menurunkan kadar asam urat.

8. Makan ceri

Makan ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat, terutama pada orang dengan riwayat penyakit sebelumnya.
Penelitian awal menunjukkan bahwa ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat, terutama pada orang dengan riwayat penyakit sebelumnya.

Sebuah studi 2012 dari 633 orang dengan asam urat menemukan bahwa makan ceri selama 2 hari menurunkan risiko serangan asam urat sebesar 35% dibandingkan dengan tidak makan ceri.

Efek ini bertahan bahkan ketika peneliti mengontrol faktor risiko, seperti usia, jenis kelamin, konsumsi alkohol, dan penggunaan diuretik atau obat anti asam urat.

Di antara orang yang juga menggunakan allopurinol, obat anti asam urat, kombinasi obat dan ceri menurunkan risiko serangan lain sebesar 75%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

3 dari 3 halaman
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro