Cedera lutut. /Bisnis.com
Health

Jenis-jenis Cedera yang Paling Sering Terjadi saat Olahraga

Ni Luh Anggela
Kamis, 4 November 2021 - 12:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Olahraga menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk segala usia, karena itu tidak heran jika banyak orang menyempatkan waktunya untuk berolahraga. Namun, cedera olahraga bisa menjadi harga yang harus Anda bayar, terutama jika Anda melakukannya secara berlebihan atau tidak diawali dengan pemanasan yang benar.
 
Dalam arti luas, istilah cedera olahraga mengacu pada jenis cedera yang paling sering terjadi selama olahraga atau latihan. Meskipun hampir semua bagian tubuh Anda dapat terluka selama olahraga, istilah ini biasanya digunakan untuk cedera yang melibatkan sistem muskuloskeletal, yang meliputi otot, tulang, dan jaringan terkait seperti tulang rawan, mengutip Very Well Health, Kamis (4/11/2021).
 
Lalu apa saja jenis-jenis cedera olahraga? Berikut jenis-jenis olahraga yang paling umum ditemui, melansir Ciputra Medical Center, Kamis (4/11/2021).

1. Terkilir

Terkilir merupakan cedera yang paling banyak ditemui saat berolahraga. Cedera ini terjadi akibat robeknya ligamen, jaringan yang menghubungkan dua tulang satu sama lain dalam satu sendi. Kurang pemanasan atau berlari di area yang tidak rata dapat memicu risiko terkilir.

2. Cedera lutut

Cedera lutut sering dialami oleh atlet lari, basket, voli, sepak bola dan olahraga lainnya yang bertumpu pada lutut. Biasanya, cedera ini terjadi akibat terlalu lama melakukan gerakan dengan lutut sebagai tumpuan atau melakukan gerakan yang tidak lazim.

3. Strain atau cedera otot

Cedera otot ini melibatkan robekan tendon atau jaringan yang menghubungkan tulang ke otot. Ini adalah cedera akut non-kontak yang dihasilkan dari peregangan berlebihan atau kontraksi berlebihan.  Strain seringkali disalah artikan sebagai keseleo.

4. Cedera achilles tendon

Achilles tendon merupakan tendon pipih dan kuat di bagian belakang pergelangan kaki. Saat Anda berolahraga, tendon ini bisa terbelah atau robek.   Kondisi ini biasanya terjadi pada otot tumit hingga betis Anda.  Saat ini terjadi, Anda akan merasakan nyeri hebat dan kesulitan berjalan.

5. Patah tulang

Patah tulang adalah kondisi ketika tulang patah sehingga posisi atau bentuknya berubah. Cedera ini terkadang sulit dihindari, dan paling sering terjadi di tulang kaki, tangan, pinggul, rusuk dan selangka. Selain benturan yang kuat, patah tulang  juga dapat terjadi akibat benturan ringan bila tulang Anda sudah mengalami pengeroposan.

6. Dislokasi

Dislokasi terjadi akibat bergesernya tulang atau sendi dari posisi normal. Semua persendian yang ada di tubuh dapat mengalami kondisi ini, terutama saat terjadi benturan akibat terjatuh saat berolahraga atau kecelakaan saat berkendara. Biasanya, dislokasi menyebabkan rasa sakit dan menyebabkan pembengkakan.

7. Cedera manset rotator

Robeknya manset rotator menjadi penyebab umum nyeri bahu. Manset rotator membuat bahu dapat bergerak ke segala arah. Apabila terjadi robekan pada salah satu otot ini, kekuatan sendi bahu Anda akan menjadi lemah. Umumnya, cedera ini paling sering dialami para atlet yang sering melakukan gerakan berulang seperti, perenang, pelempar bola bisbol dan petenis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro