Ilustrasi kulit merah
Fashion

9 Tanda Kulit Anda Sensitif, Termasuk Rasa Perih dan Gatal

Ni Luh Anggela
Kamis, 4 November 2021 - 09:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kulit Anda bereaksi setelah menggunakan produk tertentu? Bisa jadi, Anda memiliki kulit sensitif.
 
Mengutip Alodokter, kulit sensitif adalah istilah untuk menggambarkan kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi akibat reaksi berlebihan terhadap berbagai faktor seperti udara atau bahan kimia dalam produk skincare atau pembersih kulit.
 
Namun, ada beberapa kondisi medis seperti rosacea, eksim, dan dermatitis, dapat menyebabkan gejala serupa, sehingga sering disalahartikan sebagai kulit sensitif.
 
Dokter kulit Anda adalah sumber terbaik untuk menentukan penyebab masalah Anda dan mengembangkan rencana perawatan untuk mendapatkan dan menjaga kulit Anda tetap bersih, apa pun penyebabnya. Untuk menentukan apakah itu kulit sensitif, dokter mungkin akan bertanya apakah Anda mengalami beberapa gejala umum.
 
Melansir Health Grades, Kamis (4/11/2021), berikut adalah sembilan tanda kulit sensitif.

1. Kulit Anda reaktif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda mungkin menyadari bahwa Anda mengalami gejala sebagai respons terhadap pemicu tertentu. Pemicu umum termasuk sabun, deterjen, wewangian, parfum, produk perawatan kulit, dan produk rumah tangga. Selain itu, paparan dingin, matahari, dan angin dapat memicu flare.
 
Dokter kulit Anda dapat membantu Anda mengetahui apa yang mungkin perlu Anda hindari dan memilih produk yang paling cocok untuk kulit Anda.

2. Kulit Anda kemerahan

Kebanyakan orang dengan kulit sensitif menghadapi sejumlah kemerahan. Ini bisa berupa ruam merah, benjolan merah, atau bahkan pembuluh darah merah melebar yang disebut telangiectasias.
 
Biasanya, kemerahan akan hilang setelah menghilangkan iritasi atau dengan perawatan ringan. Tapi, terkadang kemerahan bisa bertahan, terutama telangiektasis. Perawatan laser seringkali bisa sangat membantu bagi orang-orang dengan kemerahan yang membandel.

3.  Anda merasa perih dan terbakar

Saat Anda membersihkan dengan atau menggunakan produk yang terlalu kuat untuk Anda, kulit Anda mungkin terasa perih dan terbakar. Penggunaan roduk seperti gel, produk dengan alkohol, dan banyak produk jerawat atau anti-penuaan seringkali menyebabkan kondisi ini .
 
Meskipun ini biasanya bersifat sementara, ini bisa sangat tidak nyaman dan bahkan menyakitkan. Jika sesuatu menyebabkan kulit Anda perih atau terbakar, segera hentikan penggunaan dan bilas dengan air dingin.

4. Kulit Anda terasa gatal

Kulit sensitif Anda mungkin sering terasa gatal dan kencang, terutama setelah dibersihkan dengan produk yang terlalu keras. Menggunakan air panas dapat memperparah kondisi ini. Anda mungkin juga merasakan gatal saat udara dingin dan kering. Menyerah pada gatal dengan menggaruk dapat menyebabkan lebih banyak iritasi dan bahkan infeksi. Bicaralah dengan dokter Anda tentang cara yang lebih baik untuk menghentikan rasa gatal.

5. Anda sering mengalami ruam

Kulit sensitif dapat bereaksi dengan ruam merah, kering, bersisik, atau bergelombang saat terkena pemicu. Ini terutama berlaku untuk produk yang tertinggal di kulit Anda, seperti krim wajah. Anda mungkin mengalami ruam dengan sangat cepat setelah kontak.
 
Ruam bisa membuat tidak nyaman, tidak enak dilihat, dan membandel. Namun, jika Anda alergi terhadap sesuatu, itu lebih serius daripada kulit sensitif. Anda mungkin memerlukan perawatan resep untuk menghilangkan ruam yang disebabkan oleh iritasi atau alergi.

6. Kulit Anda kering

Mereka dengan kulit sensitif seringkali memiliki kulit kering yang mendasarinya. Memiliki kulit yang sangat kering juga bisa menjadi penyebab sensitivitas, karena kulit yang sangat kering tidak melindungi ujung saraf di kulit dengan baik.
 
Anda mungkin akan memiliki lebih banyak masalah dengan kulit kering dalam cuaca dingin, kering dan saat terkena angin. Menggunakan pelembab lembut dan melindungi kulit Anda dari unsur-unsur dapat membantu melawannya.

7.  Anda mudah terbakar sinar matahari

Kulit sensitif Anda lebih rentan terhadap efek berbahaya dari sinar matahari. Jika kulit Anda sudah teriritasi atau mengelupas, Anda berisiko lebih tinggi. Anda harus selalu memakai tabir surya ketika Anda berada di luar, terutama di wajah Anda.
 
Karena beberapa bahan dalam tabir surya dapat menyebabkan reaksi alergi, carilah bahan-bahan yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Anda juga dapat memilih tabir surya yang berspektrum luas dan memiliki SPF 30 atau lebih tinggi.

8. Kulit Anda mengelupas

Anda mungkin menghadapi banyak pengelupasan terutama jika Anda memiliki kulit kering. Ini bisa memalukan dan terkadang terlihat seperti ketombe. Jika pengelupasan dalam, atau jika Anda mencungkilnya, dapat meninggalkan kulit yang kasar dan menyakitkan yang berisiko terkena infeksi dan bahkan jaringan parut.

9. Anda rentan berjerawat

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda mungkin mengalami jerawat yang terlihat seperti jerawat dengan benjolan merah dan pustula. Terkadang, mencoba sabun atau krim jerawat dapat memperburuk kondisi Anda. Untungnya, dokter Anda dapat membantu mengatasinya dan membuat Anda berada di jalur yang benar.
 
Jika Anda memiliki kulit sensitif dan berjerawat, Anda mungkin juga memerlukan bantuan dokter untuk menemukan produk yang tepat agar kulit Anda tetap bersih tanpa menyebabkan iritasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro