Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Awas Terjebak! Kenali 10 Tanda Pertemanan Toxic

Berikut ini 10 tanda Anda memiliki toxic friendship, simak!
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 November 2021  |  21:10 WIB
Toxic relationship
Toxic relationship

Bisnis.com, JAKARTA - Hubungan toxic ternyata tidak hanya terjadi pada hubungan asmara, tetapi juga pertemanan.

Hangout bersama teman seharusnya menyenangkan, tetapi jika ketika Anda diajak oleh seorang teman untuk bertemu dan makan siang sedangkan Anda merasa hal itu akan menguras tenaga dan tidak membuat nyaman, itu merupakan tanda yang jelas bahwa ada sesuatu yang mungkin beracun dari hubungan persahabatan.

Dilansir Tempo.co pada Kamis (4/11/2021), seorang neuropsikolog klinis dan forensik bersertifikat triple board, Judy Ho, mengatakan persahabatan beracun adalah persahabatan di mana Anda merasa sangat lelah saat berinteraksi dengan orang tersebut, seperti dikutip dari laman Well and Good.

"Teman Anda mungkin merupakan seorang emosional yang tampaknya menyedot kekuatan hidup setiap kali Anda berbicara dengan mereka atau menghabiskan waktu dengan mereka," ujarnya.

Akan tetapi, tidak semua persahabatan yang buruk terlihat begitu mencolok. Ada teman yang berpura-pura bahagia tapi secara pasif agresif menjatuhkan Anda, mencoba mencuri perhatian, membuat segalanya menjadi tentang mereka, atau membuat tuntutan berlebihan dari Anda tetapi mereka tidak ingin dituntut seperti yang mereka lakukan kepada Anda, itu termasuk persahabatan yang beracun.

Berikut 10 tanda Anda memiliki toxic friendship:

1. Tidak merasa didukung

Hati-hati pada teman yang membuat komentar sarkastis saat Anda membagikan pencapaian atau kabar baik. Dalam persahabatan yang sehat, seorang teman seharusnya mendorong untuk tumbuh dan sukses.

Persahabatan harus menjadi sistem pendukung dua orang. Anda pasti ingin memiliki orang-orang yang dekat dengan Anda dalam hidup ada di samping untuk mendengarkan, mendukung, dan berbagi kesuksesan dan perjuangan mereka.

2. Bertengkar terus menerus

Bertengkar dengan teman bukanlah hal yang aneh lagi. Namun, jika pertengkaran tersebut semata dibuat-buat oleh salah satu pihak teman, maka Anda perlu mengevakuasi kembali hubungan persahabatan.

Jika Anda merasa seperti berjalan di atas cangkang telur hanya untuk menyenangkan orang lain, maka saat itulah waktu Anda mempertanyakan seberapa sehat hubungan persahabatan.

3. Merasa lelah secara fisik

Tubuh kita memiliki rasa sendiri saat merasa nyaman dengan orang lain. Maka ketika dekat dengan teman tanyakan apakah Anda merasa tegang dan gelisah atau santai dan bersemangat? Perhatikan reaksi fisik dan emosi ketika nama teman Anda muncul di layar ponsel Anda.

4. Tidak bisa menjadi diri sendiri

Tanda lain hubungan Anda beracun adalah ketika Anda tidak bisa menerima diri apa adanya dan mengubah diri Anda menjadi orang lain agar disukai. Teman sejati tidak pernah ingin Anda berubah terlepas siapa pun Anda.

5. Pelecehan fisik dan emosi

Persahabatan bisa saja melecehkan secara fisik dan emosional. Pelecehan emosi sangat halus sehingga mungkin Anda tidak mengenalinya. Tetapi jika seorang teman terlalu kritis, cemburu, suka mengontrol, atau cenderung meledak-ledak, dia sudah melewati batas.

6. Bergosip tentang orang lain

Ada tanda bahaya yang harus diwaspadai termasuk bagaimana teman Anda berbicara tentang orang lain di belakang mereka.

Jika mereka banyak bergosip tentang orang lain dan membenarkannya dengan mengatakan bahwa mereka melakukannya hanya karena mereka peduli dengan mereka, itu mungkin bertanda bahwa persahabatan Anda beracun. Atau mungkin saat bergosip teman Anda cenderung tampak cemburu, licik, atau mendominasi.

7. Selalu tentang mereka

Persahabatan adalah hubungan dua arah. Tanda lain dari toxic friendship adalah mereka membuat segalanya tentang mereka dan tampaknya mereka tidak membuat celah siapa pun masuk ke dalam kehidupan Anda.

Misalnya, ketika dalam satu percakapan mereka mendominasi tidak memberi ruang untuk Anda berbicara atau berbagi, maka itu merupakan ciri dari persahabatan yang beracun.

8. Mereka membuat drama

Ketika semuanya berjalan dengan baik, seorang teman yang beracun dapat menimbulkan permasalahan dengan melakukan hal-hal yang dapat membuat bertengkar tanpa alasan yang jelas, dan mereka benar-benar bersenang-senang di dalamnya.

9. Mereka merendahkanmu

Persahabatan yang sehat seharusnya membuat Anda bahagia tidak membuat Anda merasa kurang dengan diri Anda sendiri. Jika teman Anda merendahkan Anda itu merupakan tanda besar lain dari teman yang beracun. Mereka bukan berarti tidak boleh mengkritik Anda, tetapi kritik dan menjatuhkan itu sama sekali berbeda.

10. Tidak bisa dipercaya atau diandalkan

Salah satu manfaat terbesar dari persahabatan adalah mengetahui bahwa sahabat Anda akan ada saat Anda benar-benar membutuhkannya. Tetapi teman yang beracun mungkin tidak dapat melakukannya.

Tidak semua persahabatan yang beracun dapat diubah. Jika kejujuran tidak begitu berakibat buruk, maka sampaikanlah perasaan Anda kepada sahabat Anda.

Sampaikan kekhawatiran Anda kepada sahabat, bukalah kepada mereka dan tanyakan mengapa mereka melakukan sesuatu dengan cara tertentu dan sampaikan bagaimana perasaan Anda saat mereka melakukan itu.

Buat batasan tentang apa yang baik-baik saja dan apa yang tidak ada dalam hubungan persahabatan Anda. Misalnya jika teman Anda cenderung mendominasi saat menyampaikan apa yang mereka alami, maka batasan Anda adalah mendapatkan kesempatan yang sama untuk membicarakan apa yang kalian alami dan apa yang kalian rasakan. Namun, jika teman Anda bersikap defensif atau menyalahkan Anda karena terlalu sensitif, maka sudah waktunya bagi Anda menjauhi dia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hubungan persahabatan Relationship

Sumber : tempo.co

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top