Kencan bagi pasangan kekasih/whenthemusicstop.co.uk
Relationship

Hubungan Toxic Tidak Bisa Diperbaiki, Segera Putus dengan Pasangan Anda

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 16 Oktober 2021 - 16:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam sebuah hubungan, ada yang sifatnya sehat dan toxic. Anda yang mana?

Jika semula hubungan Anda sehat namun berubah menjadi racun, tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Tapi, menurut ahli, kemungkinan untuk membuat hubungan toxic menjadi sehat kembali cukup tipis. Inilah mengapa itu tidak akan pernah berhasil. Berikut alasannya seperti dilansir dari Bolde :

1. Semua orang berubah

Kepribadian kita seharusnya tidak pernah sama pada usia 30 tahun seperti ketika kita berusia 15 tahun. Sebagai hasil dari pengalaman hidup dan perubahan normal yang kita alami selama bertahun-tahun, hubungan yang kita jalani harus bergerak seiring dengan perubahan orang-orang dengan kita. Anda mungkin berpikir bahwa itu memungkinkan sifat-sifat beracun di masa muda kita tumbuh dan menjadi lebih sehat dari waktu ke waktu.

Namun, terkadang Anda harus menghapus masa lalu Anda. Jangan bertahan pada masa lalu hanya karena itu nyaman atau alasan apapun. Kedua belah pihak pantas mendapatkan yang lebih baik, tetapi lebih dari itu, sulit untuk mendapatkan kepercayaan itu kembali.

2. Hubungan sehat butuh usaha dari dua belah pihak

Dibutuhkan dua orang untuk tango, tetapi juga membutuhkan dua orang untuk berkomitmen pada perubahan dan hubungan yang sehat. Anda tidak dapat memiliki cinta atau komitmen yang didistribusikan secara tidak merata dalam suatu hubungan. Itu menimbulkan rasa tidak aman, kecemasan, dan ketakutan, dan jika Anda mencintai seseorang, itu harus menjadi tempat yang aman.

Jika pasangan Anda tidak mau melakukan perubahan itu, Anda tidak dapat berharap untuk mengubah hubungan. Anda tidak bisa memaksakan hubungan dan Anda tidak bisa memaksa seseorang untuk mencintai Anda dengan cara yang benar. Terkadang Anda harus mencintai orang apa adanya, tetapi Anda tidak boleh membuang waktu untuk berpikir bahwa mereka mungkin menjadi lebih baik atau lebih pantas dari Anda.

3. Otak Anda akan selalu tahu pasangan akan menyakiti Anda

Bahkan jika mereka tampak seperti sudah berubah, dan bahkan jika Anda mungkin telah memaafkan mereka, sebagian dari Anda akan selalu mengganjal. Hati Anda akan terus-menerus merasa khawatir dan lama kelamaan otak Anda juga akan berpikir dia akan menyakiti Anda lagi.

4. Perubahan orang lain bukan tanggung jawab Anda.

Tahap awal hubungan yang beracun menciptakan masalah perspektif. Ini karena setiap gerakan kecil kemajuan atau pertumbuhan akan diperkuat dibandingkan dengan seberapa buruk awalnya. Minimal saja sudah cukup untuk membuat Anda terkesan, dan itu akan membuat Anda tetap dalam hubungan itu.

Percayalah, Anda tidak menginginkan itu. Sepertinya Anda membuat kemajuan dan mengubahnya, tetapi Anda bukan perawat mereka, Anda bukan terapis mereka, Anda tidak bertanggung jawab atas pertumbuhan orang lain. Mereka juga tidak bertanggung jawab atas kebahagiaan Anda. Kita harus menjadi individu dan tidak mendefinisikan diri kita oleh orang lain.

5. Memiliki definisi hubungan sehat berbeda

Jika keterampilan komunikasi yang buruk dalam hubungan beracun adalah bukti, waktu dengan sendirinya tidak akan memperbaiki semua luka masa lalu. Anda harus bekerja untuk mengetahui apa tujuan bersama Anda dan jika mereka tidak belajar tentang diri mereka sendiri dan apa yang mereka inginkan, mereka tidak dapat memberi tahu Anda. Jika tidak satu pun dari Anda belajar tentang diri Anda sendiri, Anda tidak dapat memberi tahu orang lain bagaimana cara mencintai Anda. 

6. Harus berhenti menerima kenyataan hidup sendiri

Jangan menunda kesenangan Anda sendiri karena Anda pikir Anda sedang membangun sesuatu yang lebih besar. Kita semua  layak untuk bahagia pada saat ini, bukan di masa depan yang tertunda dan tidak dapat dicapai. Tetap sengsara dalam upaya membuat hubungan beracun menjadi sehat bukanlah hal yang cerdas.

7. Anda layak lebih baik

Anda tahu apa yang pantas Anda dapatkan dan apa yang tidak terasa benar. Berjuang untuk itu. Jangan menerima hal yang sama yang menyakitimu. Mereka mungkin melakukannya lagi. Anda akan berhenti menerima dan menarik pria beracun ketika Anda tahu Anda lebih baik tanpa mereka.

8. Teman dan keluarga sejak lama tidak menyukainya

Itu pepatah lama, ketika orang lain seperti keluarga dan sahabat tidak menyukainya, maka mereka akan tetap seperti itu. Dan kondisi ini akan membuat hubungan Anda menjadi lebih sulit.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro