Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selain Susu, 7 Makanan Ini Kaya Kalsium Lho

Kacang almond memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kacang-kacang lainnya. 100 gram almond mengandung 60 mg kalsium dan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk perkembangan tubuh.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 08 November 2021  |  14:43 WIB
Kacang-kacangan yang tinggi kandungan kalsium - Freepik
Kacang-kacangan yang tinggi kandungan kalsium - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Saat mendengar kata kalsium, susu menjadi hal pertama yang muncul di benak kita. Namun sebenarnya selain susu, ada beragam makanan yang juga mengandung kalsium.
 
Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh, mulai dari membantu pertumbuhan serta pemeliharaan tulang dan gigi, mendukung fungsi sistem saraf hingga pembekuan darah. Untuk orang dewasa, asupan kalsium harian yang direkomendasikan adalah 1.000 mg per harinya. Sedangkan, wanita di atas 50 tahun dan mereka yang berusia di atas 70 tahun membutuhkan sekitar 1.200 mg per harinya.
 
Apabila Anda  berencana ingin memenuhi asupan kalsium, namun Anda memiliki intoleransi terhadap laktosa, makanan-makanan berikut ini mungkin  bisa membantu memenuhi asupan kalsium Anda, seperti dilansir dari Times of India, Senin (8/11/2021).

1. Kacang merah

100 gram kacang merah mentah mengandung 140 mg kalsium, yang tentunya baik untuk tubuh kita. Namun sebelum dikonsumsi, ada baiknya untuk merebus kacang merah terlebih dahulu untuk mengurangi tekanan pada sistem pencernaan dan membuatnya mudah dicerna.

2. Kacang almond

Kacang almond memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kacang-kacang lainnya. 100 gram almond mengandung 60 mg kalsium dan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk perkembangan tubuh.

3. Fig

Fig atau yang juga dikenal dengan ara merupakan buah yang berasal dari Asia Barat. Di Indonesia, Anda bisa menemukan buah ini di supermarket terdekat. Menurut Pooja Makhija, seorang ahli gizi, delapan buah fig mengandung 241 mg kalsium dan jika dikonsumsi secara teratur, ini dapat menjaga kesehatan tulang Anda.

4. Tofu

Selain dikenal sebagai sumber protein, tofu juga mengandung kalsium yang baik untuk tubuh. 100 gram tofu mengandung 680 mg kalsium. Cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan menggoreng atau memakannya mentah-mentah. Namun, memasaknya secara berlebihan dapat mengurangi nilai gizinya.

5. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau yang juga dikenal dengan kuaci seringkali dijadikan camilan. Selain memiliki rasa yang enak, biji bunga matahari kaya akan nutrisi, terutama magnesium dan kalsium. Satu cangkir biji bunga matahari mengandung 109 mg kalsium.

6. Biji wijen

Memiliki ukuran yang kecil dan kerap kali dijadikan sebagai taburan makanan, biji wijen ternyata memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Satu sendok makan biji wijen setiap harinya, menambahkan 88 mg kalsium untuk kebutuhan nutrisi harian Anda.

7. Brokoli

Sayuran hijau satu ini tidak hanya kaya akan vitamin C, tetapi juga kaya akan kalsium. Satu cangkir brokoli diketahui mengandung 87 mg kalsium dan mengonsumsinya secara teratur sangat membantu dalam mencegah kanker kandung kemih, kanker payudara, hingga kanker hati.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

susu kalsium
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top