Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siap-siap! Pendaftaran Wayang Youth Festival 2021 Dibuka Akhir November

Wayang Youth Festival 2021 menjadi bentuk program yang dihadirkan tahun ini bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Sampan Bujana Sentra.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 08 November 2021  |  23:00 WIB
Siap-siap! Pendaftaran Wayang Youth Festival 2021 Dibuka Akhir November
wayang - Jibifoto.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Wayang merupakan salah satu kebudayaan asal Indonesia yang telah mendunia. Hal ini dibuktikan dengan diakuinya wayang kulit sebagai a Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity  pada 7 November 2003 oleh UNESCO, yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Wayang Nasional.
 
Bertepatan dengan peringatan Hari Wayang Nasional tersebut, BCA menghadirkan program untuk mendukung perkembangan wayang di Indonesia.
 
Wayang Youth Festival 2021 menjadi bentuk program yang dihadirkan tahun ini bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Sampan Bujana Sentra. Seremoni pembukaan festival ini dihadiri oleh Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, Komisaris BCA Cyrillus Harinowo, Executive Vice President CSR BCA, Inge Setiawati, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kemdikbud Ristek, Restu Gunawan, Direktur Sampan Bujana Sentra, Uniek Sampan Hismanto, Professional Comic Artist, Ario Anindito dan Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (SENAWANGI), Irwan Riyadi secara virtual pada Senin (08/11).
 
Pada kesempatan ini, acara juga dihadiri oleh segenap dewan juri kegiatan ini, komunitas Asia Wangi dan sejumlah seniman.
 
Kegiatan Wayang Youth Festival 2021 mengusung tema wayang heroik. Pendaftaran kegiatan ini akan dibuka mulai hari ini hingga 28 November 2021 mendatang. Untuk menumbuhkan semangat mengkampanyekan Wayang Indonesia, BCA bersama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Sampan Bujana Sentra mengadakan lomba Seni Drama Tari Wayang dan Komik Strip Wayang yang seluruhnya dilakukan secara online dan terbuka bagi masyarakat dari berbagai usia.
 
Dalam penyelenggaraannya nanti, panitia juga akan memberikan workshop untuk mengedukasi peserta terkait tema serta materi untuk mengikuti kompetisi. Kegiatan ini pun melibatkan sejumlah dewan juri yang merupakan pakar wayang, seni drama tari dan komik untuk menentukan hasil karya seni yang memiliki nilai tinggi.
 
BCA bersama dengan Sampan Bujana Sentra pun turut memperhatikan protokol kesehatan dalam mengadakan kegiatan perlombaan ini, khususnya bagi lomba seni drama tari wayang. Seluruh kegiatan lomba baik pendaftaran maupun pengumpulan hasil dilakukan secara online untuk menghindari kontak langsung.
 
Restu Gunawan, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi, menyambut baik upaya BCA dalam merayakan dan melestarikan budaya wayang sebagai warisan dunia, terlebih mengajak generasi muda untuk berpartisipasi pada Wayang Youth Festival 2021.
 
“Saya berharap, upaya BCA dan forum komunitas, khususnya Sampan Bujana Sentra (SBS) untuk memberikan sosialisasi dan diseminasi nilai-nilai wayang kepada generasi muda dapat terus berjalan sehingga outstanding universal value dari wayang yang sudah diakui sebagai warisan budaya dunia bisa terus berjalan agar bisa memberikan tuntunan dan tontonan kepada kita semua,” kata Restu Gunawan dalam BCA Virtual Press Conference Hari Wayang Nasional, Senin (8/11/2021).
 
Sementara itu, Uniek H. W. Sampan, Direktur Sampan Bujana Sentra berharap, dengan kegiatan ini anak-anak bangsa  bisa lebih mengenal dan mencintai budaya yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.
 
“Dengan mencintai budaya, kita membangun jati diri bangsa serta memperkokoh kekuatan bangsa,” kata Uniek.
 
Melalui program edukasi “BCA untuk Wayang Indonesia” kepada generasi muda, BCA berharap dapat meningkatkan pemahaman generasi muda atas nilai-nilai teladan yang terkandung dalam budaya kesenian wayang untuk kelestarian wayang di masa mendatang. Berbagai kegiatan yang telah sukses dilaksanakan antara lain ‘Wayang for Student’ dan ‘Wayang Day’. Kegiatan tersebut pun berhasil menyerap hampir total kurang lebih 14.000 peserta di berbagai kota dari tahun 2012 hingga 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wayang wayang kulit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top