Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Fakta Film Penyalin Cahaya, Pemenang FFI Segera Tayang di Netflix

Simak 5 fakta Penyalin Cahaya yang perlu Anda ketahui. Film pemenang FFI 2021 yang segera tayang di Netflix.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 11 November 2021  |  15:51 WIB
Film Penyalin Cahaya
Film Penyalin Cahaya

Bisnis.com, JAKARTA – Film Penyalin Cahaya atau Photocopier tak henti-hentinya menarik perhatian sejak pertengahan 2021. Simak 5 fakta film Penyalin Cahaya, pemenang Festival Film Indonesia (FFI) 2021 yang segera tayang di Netflix.

Mengangkat tema kekerasan seksual, Wregas, sang sutradara berhasil menyampaikan isu yang sensitif ini kepada publik dengan baik lewat film Penyalin Cahaya.

Sebelum menonton film yang akan segera tayang di awal tahun nanti, simak 5 fakta Penyalin Cahaya yang perlu Anda ketahui.

1. Ide yang Fresh

Film Penyalin Cahaya bercerita tentang pengalaman pesta pertama Sur, seorang mahasiswa tingkat I, membawa malapetaka bagi kehidupannya. Tak hanya kehilangan beasiswa, Sur diusir oleh keluarganya karena foto mabuknya beredar luas secara online.

Sur merasa khawatir akan menjadi bahan lelucon bagi teman-temannya di kampus, terutama dalam grup teaternya, Mata Hari.

Sur mencari bantuan dari teman masa kecilnya, Amin, yang bekerja dan tinggal di toko fotokopi dekat kampus. Bersama Amin, mereka mencoba menemukan kebenaran tentang selfie dan tentang malam di pesta dengan meretas ponsel siswa.

2. Wregas Bhanuteja sebagai Sutradara

Film yang dirilis perdana pada 8 Oktober 2021 ini disutradarai oleh Wregas Bhanuteja. Membawa almamater IKJ, ia sudah banyak menuangkan prestasi, sebut saja ikut kompetisi di Berlin International Film Festival 2015 dan memenangkan kategori Film Pendek Terbaik di Cannes Critics Weeks 2016.

Film Penyalin Cahaya juga merupakan film cerita panjang pertama karya Wregas. Sebelumnya, dia fokus memproduksi pada film-film pendek.

3. Menang FFI 2021

Ratusan karya sineas Tanah Air bersaing ketat di meja penjurian Festival Film Indonesia (FFI) sejak Juli 2021. Penyalin Cahaya berhasil membawa pulang 12 dari 27 jenis penghargaan FFI 2021, antara lain Penulis Skenario Asli Terbaik (Henricus Pria dan Wregas Bhanuteja), Pemeran Pria Terbaik (Chicco Kurniawan), Sutradara Terbaik (Wregas Bhanuteja), dan Film Cerita Panjang Terbaik.

Mendapatkan penghargaan dari katergori Film Cerita Panjang Terbaik, Penyalin Cahaya dinominasikan bersama Ali & Ratu Ratu Queens, Cinta Bete, Yuni, Bidadari Mencari Sayap, Paranoia, dan Preman.

4. Go International

Bukan hanya memberikan prestasi di dalam negeri, Penyalin Cahaya ikut serta mengharumkan Indonesia di Busan International Film Festival 2021. Tayang perdana di Negeri Ginseng, Shenina Cinnamon turut menerima pengharagaan dan memberikan speech di ajang tersebut.

5. Tayang di Netflix

Menyajikan ketegangan dan konflik, Penyalin Cahaya atau Photocopier dapat segera disaksikan pada aplikasi streaming film Netflix pada 13 Januari 2022.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

film indonesia kekerasan seksual festival film indonesia
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top