Gejala Flu. /AntaraNews
Health

4 Penyebab Orang Sering Batuk dan Pilek

Novita Sari Simamora
Selasa, 16 November 2021 - 10:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hidung tersumbat, batuk, dan pilek sangat mengganggu aktivitas selama bekerja. Terkadang, muncul rasa malu saat batuk di masa pandemi.

Mengutip dari Pink Villa, Selasa (16/11/2021), batuk dan flu ini sangat mengganggu ketika sedang tidur malam. Belum lagi, saat Anda batuk, muncul dugaan dari rekan kerja adanya gejala Covid-19.

Ini 4 penyebab orang sering flu, batuk dan pilek:

1. Imunitas rendah

Flu dan pilek ada hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda terus terserang pilek dan batuk setiap kali musim pancaroba, maka cobalah untuk membuat perubahan pada gaya hidup Anda.

Tambahkan minuman penguat kekebalan tubuh, seperti jahe dan madu, dan cobalah untuk menghindari makanan dingin saat musim pancaroba.

2. Alergi

Alergi adalah penyebab pilek, mata berair, dan post-nasal drip. Alergi ini bisa menjadi akut dan kronis. Jadi, cobalah dan kenali penyebabnya, dan jauhi penyebab alergi tersebut. Jaga diri Anda tetap terhidrasi untuk dapat membantu meringankan gejala.

3. Faktor Genetik

Jika salah satu dari orang tua Anda rentan terhadap alergi, maka ada kemungkinan Anda juga menderita alergi. Oleh karena itu, tetap periksa saat Anda batuk dan pilek, dan konsultasikan kondisi Anda ke dokter.

4. Flu musiman

Flu musiman dan virus biasa terjadi saat musim pergantian musim. Pada musim pancaroba ini, Anda bisa menggunakan pakaian hangat, mengonsumsi sayuran hijau, menjaga kebersihan.

Jika Anda tetap menderita batuk dan pilek sepanjang tahun, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan suntikan flu setelah berkonsultasi dengan dokter Anda. Ini mungkin membantu menyelamatkan Anda dari ketidaknyamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro