Insomnia/boldsky.com
Health

7 Pola Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan Sehari-hari

Ni Luh Anggela
Selasa, 16 November 2021 - 13:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –Jika Anda harus memilih antara menjalani hidup sehat atau hidup tidak sehat, Anda mungkin akan memilih yang pertama. Ini karena kita semua ingin merasakan yang terbaik.
 
Manfaat yang ditawarkan dari gaya hidup sehat cukup beragam.  Memiliki kebiasaan dan rutinitas yang sehat memungkinkan Anda untuk tetap aktif dan mencapai tujuan Anda. Dengan melakukan ini, kepuasan internal Anda akan meningkat dan akan tetap berada di level tertinggi. Anda juga tidak boleh lupa bahwa jika Anda tidak sehat, peluang Anda untuk melakukan aktivitas yang disukai berkurang drastis.
 
Tidak ingin hal itu terjadi? Mulai dari sekarang, cobalah bangun beberapa kebiasaan-kebiasaan berikut yang diperlukan untuk menjalani gaya hidup sehat, melansir My Parla, Selasa (16/11/2021).

1. Latihan fisik

Secara umum, kita disarankan agar berolahraga setidaknya 30 menit sehari. Jalan cepat saja sudah cukup, selama kegiatan tersebut dapat membuat detak jantung Anda meningkat.
 
Hal ini memungkinkan Anda untuk tidak hanya membakar kelebihan kalori dan memperkuat otot dan tulang, tetapi juga membantu mengontrol tekanan darah, kolesterol dan kadar glukosa darah. Selain itu, aktivitas fisik berkontribusi pada penurunan tingkat stres dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.  Ini juga membantu Anda lebih rileks, menghindari perubahan suasana hati, meningkatkan harga diri dan mencapai kepuasan pribadi.

2. Pola makan seimbang

Pola makan seimbang bisa Anda capai dengan melihat panduan nutrisi terbaru, tetapi dalam proporsi yang tepat dan dengan jumlah yang benar. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga kebutuhan nutrisi tubuh dan memberi kita energi yang cukup untuk hari itu.

3. Kegiatan sosial

Sebenarnya, kehidupan sosial Anda merupakan aspek mendasar dari kesehatan kita. Isolasi sosial dapat menyebabkan kemunduran kemampuan fisik dan mental secara bertahap, bahkan kondisi ini tidak dapat diubah jika Anda mengalaminya, termasuk cacat fisik dan demensia.
 
Oleh karena itu, tetap terhubung dengan orang lain sangat penting bagi Anda sebagai individu. Tidak ada kata terlambat untuk mulai terhubung, jadi cobalah dengan mengikuti beberapa kegiatan yang ada di sekitar lingkungan Anda atau mengatur janji temu dengan teman-teman Anda.

4. Keseimbangan mental

Selain kesehatan fisik, Anda juga perlu memerhatikan kesehatan emosional dan psikologis Anda. Kesehatan mental yang baik diperlukan untuk memelihara dan mengembangkan kemampuan kognitif, hubungan sosial, dan untuk mengatasi tantangan pribadi dan professional dalam kehidupan sehari-hari.
 
Stres, kelelahan dan kecemasan adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kondisi mental Anda tidak sepenuhnya sehat.

5. Nikmati waktu luang Anda

Sejumlah orang mungkin memiliki prinsip “hidup untuk bekerja” daripada “bekerja untuk hidup”. Jika Anda adalah salah satunya, cobalah menikmati waktu luang Anda dan gunakan dengan cara yang efisien dan menyenangkan.

6. Latih pikiran

Tidak hanya tubuh saja yang membutuhkan latihan, pikiran Anda juga membutuhkannya. Melatih pikiran akan membantu mereka tetap bekerja dengan baik serta menghindari kerusakan kognitif  dan munculnya demensia. Berikan otak Anda latihan rutin dengan latihan yang meningkatkan memori, perhatian, kemampuan untuk fokus, dan mempelajari topik baru. Ini akan membantu Anda menghindari atau setidaknya menunda masalah ini.

7. Dapatkan kualitas  tidur yang baik

Tidur yang cukup, setidaknya 8 jam semalam sangat penting untuk kesehatan Anda. Ini akan membantu Anda beristirahat dan  menghasilkan energi untuk keesokan harinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro