ilustrasi kuliah
Relationship

3 Negara Pilihan Pelajar Indonesia untuk Kuliah

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 18 November 2021 - 16:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut Survei Destinasi tahunan dari Cambridge International, pandemi telah mengakibatkan gangguan yang besar dalam pendidikan di seluruh dunia dan secara langsung memengaruhi keputusan ke mana siswa akan melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi setelah lulus sekolah.

Penelitian terhadap 300 sekolah Cambridge di seluruh dunia ini menemukan, tantangan pandemi yang terjadi selama setahun ke belakang telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pilihan siswa.

Sebanyak 84% sekolah yang disurvei melaporkan banyak siswa mereka yang berubah pikiran terkait pilihan pertama universitas yang dituju, sebagian besar karena kondisi ketidakpastian, sulitnya bepergian atau masalah finansial yang disebabkan oleh pandemi.

Head of Global Recognitions untuk Cambridge International, Kevin Ebenezer, mengatakan pandemi telah memberikan tekanan yang cukup besar bagi pendidikan secara global.

"Ini tercermin dalam temuan kami yang secara jelas menunjukkan bahwa pandemi memengaruhi pilihan universitas para siswa.  Namun, terlepas dari tahun yang penuh tantangan ini, ada temuan positif yang menunjukkan bahwa sekitar 70% siswa Cambridge melanjutkan pendidikan mereka dengan bergabung di universitas dengan peringkat 500 teratas di dunia pada 2020, jumlah ini meningkat dibandingkan dengan 68% pada 2019.” ujarnya dikutip dari keterangan tertulisnya.

Lantas, bagaimana dengan pelajar Indonesia? Survei tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar pelajar masih cenderung memilih belajar di Indonesia, sementara yang lain lebih tertarik pada universitas di luar negeri.

Bisnis & Manajemen menjadi pilihan teratas ketika pelajar Indonesia diminta untuk memilih 5 mata kuliah paling populer untuk mereka pelajari di universitas, diikuti oleh Ilmu Komputer/TIK, Teknik, Akuntansi & Keuangan, dan Kedokteran. Jadi, ke mana harus pergi? Simak tiga negara destinasi teratas pilihan pelajar Indonesia untuk lanjut kuliah menurut survei Cambridge International:

1. Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan lebih dari 2.000 institusi pendidikan tinggi, termasuk 122 universitas negeri, Indonesia menyediakan banyak pilihan bagi pelajar lokal dan internasional, serta akses ke pendidikan berkualitas dengan lingkungan sekitar yang indah. Semakin banyak universitas dan perguruan tinggi di Indonesia yang mengakui Cambridge International AS&A Level dan tanggapan dari sekolah menunjukkan bahwa siswa Cambridge telah berhasil mendaftar ke berbagai universitas di Indonesia.

Tersedianya program sarjana yang diajarkan dalam bahasa Inggris memungkinkan siswa untuk mengikuti pendidikan internasional tanpa harus meninggalkan Tanah Air. Banyak universitas di Indonesia juga menyediakan pilihan mobilitas internasional, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran pelajar jangka pendek dan program gelar ganda. Beberapa universitas di Indonesia yang masuk dalam 5 besar pilihan pelajar Indonesia antara lain Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) adalah tempat bagi banyak universitas terkemuka di dunia, dimana 66% responden secara global menyebut reputasi universitas sebagai alasan memilih universitas di negara ini. Meski memiliki populasi pelajar lokal yang berkembang pesat, AS juga menjadi destinasi paling populer bagi pelajar internasional, dengan lebih dari 800.000 yang saat ini terdaftar di lembaga pendidikan tinggi di negara ini, di mana sekitar 9.000 di antaranya berasal dari Indonesia.

Setiap tahun pelajar lokal dan internasional dengan kualifikasi Cambridge bergabung dengan universitas terkemuka di seluruh AS. Banyak universitas yang juga menawarkan kredit di awal kepada siswa dengan kualifikasi Cambridge International AS & A Level, yang berarti bahwa siswa Cambridge sudah unggul lebih dahulu dalam program sarjana mereka bahkan sebelum mereka memulai pendaftaran kuliah.

3. Singapura

Sebagai negara tetangga Indonesia, Singapura merupakan pusat pendidikan tinggi yang berkualitas, baik bagi pelajar lokal maupun internasional, terutama dari kawasan Asia-Pasifik. Singapura memiliki enam universitas negeri, serta berbagai institusi pendidikan swasta dan kampus cabang dari institusi pendidikan asing terkemuka, dengan bahasa pengantar resmi yakni bahasa Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro