Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Tes Kondisi Kesehatan Anda di Rumah, Cukup 30 Detik

Anda juga bisa melakukan tes singkat di rumah untuk memprediksi apakah Anda sehat atau tidak dengan melalui 3 tes berikut ini
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 Desember 2021  |  11:16 WIB
Ilustrasi mengepal tangan
Ilustrasi mengepal tangan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda, diperlukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang rutin.

Itu adalah cara yang pasti untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya. Diagnosis medis sangat aman dan akurat dan seseorang harus menjalani pemeriksaan kesehatan setidaknya sekali setiap tahun.

Beberapa penyakit bisa mengancam jiwa, namun tanda-tandanya baru terlihat saat kerusakan sudah terjadi. Itulah pentingnya memeriksa rutin kesehatan Anda.

Namun Anda juga bisa melakukan tes singkat di rumah untuk memprediksi apakah Anda sehat atau tidak dengan melalui 3 tes berikut ini seperti dilansir dari Times of India :

Tes 1: Tangan mengepal dan kemudian meremas

Dalam latihan ini, tekuk jari-jari Anda untuk membentuk kepalan tangan. Kemudian remas tangan Anda, tahan posisi tersebut selama 30 detik. Setelah Anda melepaskan tangan Anda, Anda akan melihat bahwa telapak tangan Anda menjadi sedikit lebih putih dari sebelumnya.

Hal ini disebabkan oleh berkurangnya aliran darah. Tunggu dan amati telapak tangan Anda dan periksa durasi yang diperlukan untuk kembali ke warna biasanya. Mengingat Anda merasa mati rasa atau butuh beberapa saat atau lebih agar darah mengalir kembali, maka itu bisa menjadi tanda arteriosklerosis, suatu kondisi di mana pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi dari jantung ke seluruh tubuh menjadi tebal dan keras.

Tes 2: Peras akar kuku Anda

Latihan berikutnya melibatkan meremas akar kuku Anda masing-masing selama 5 detik. Mirip dengan latihan sebelumnya, dalam hal ini kuku cenderung menjadi lebih putih. Namun, dalam latihan ini, dibutuhkan tidak lebih dari 3 detik agar darah kembali normal. Konon, jika Anda merasa sakit dan tidak nyaman, inilah yang bisa ditunjukkan oleh rasa sakit di setiap jari:
- Nyeri di ibu jari bisa menandakan masalah pernapasan.
- Jari telunjuk bisa menunjukkan masalah yang berhubungan dengan usus besar atau sistem pencernaan.
- Jari tengah adalah penanda masalah kardiovaskular.
- Jari manis juga bisa berarti masalah yang berhubungan dengan jantung.
- Akhirnya, jari terkecil dapat dikaitkan dengan masalah dengan usus kecil.
Mengingat setiap jari terkait erat dengan bagian tubuh yang berbeda, setiap penyimpangan dapat diidentifikasi melaluinya.

Tes 3: Angkat kaki dan tahan

Untuk tes ini, berbaring telentang di tanah dengan wajah menghadap lantai dan tangan lurus sejajar dengan tubuh. Perlahan angkat kedua kaki Anda bersama-sama, sementara tubuh Anda terus beristirahat di tanah.

Lihat apakah Anda dapat menahan posisi selama 30 detik. Jika Anda tidak dapat atau menghadapi masalah untuk menjaganya tetap stabil atau bersama-sama, maka mungkin ada masalah dengan perut atau tulang belakang bagian bawah Anda. Namun, hanya untuk menguasai latihan ini jangan terlalu memaksakan diri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top