Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Nutrisi untuk Ibu Hamil yang Hanya Ada di Buah 

Ibu hamil bisa menikmati buah-buahan sebagai bagian dari diet kehamilan yang sehat dalam salad, smoothie, yogurt, atau sebagai camilan kapan saja.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 03 Desember 2021  |  13:59 WIB
Ibu hamil - Antara
Ibu hamil - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Selama masa kehamilan, nutrisi buah hati Anda tergantung pada makanan yang Anda makan. Selektif dalam pemilihan sumber nutrisi makanan menjadi hal wajib bagi ibu hamil. 

Sangat penting untuk makan makanan seimbang yang mencakup banyak buah dan sayuran. Makanan sehat ini memiliki banyak dari apa yang Anda - dan bayi Anda - butuhkan untuk tetap sehat.

Profesional medis biasanya merekomendasikan makan dua hingga empat porsi buah dan empat hingga lima porsi sayuran setiap hari. Secara umum, satu porsi buah adalah sepotong buah utuh berukuran sedang (seukuran bola tenis) atau cangkir buah. 

Manfaat Konsumsi Buah

Saat Anda hamil, penting untuk makan makanan bergizi dan menghindari makanan yang 0 kalori. Faktanya, jika Anda kebanyakan makan junk food selama kehamilan, bayi Anda mungkin akan lahir dengan penyakit kolesterol dan gula, menurut sebuah studi pada 2013.

Buah-buahan dan sayuran dipenuhi dengan nutrisi. Saat Anda menambahkan berbagai jenis makanan tersebut ke dalam makanan Anda, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan sebagian besar vitamin, mineral, dan serat yang Anda dan bayi Anda butuhkan.

Jika Anda hamil, Anda mungkin menginginkan sesuatu yang manis. Tapi cobalah untuk tidak membuat kebiasaan meraih sepotong kue atau permen untuk memuaskan keinginan. Buah adalah solusi yang tepat.

Buah menawarkan rasa manis yang Anda idamkan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Anda bisa menikmati buah-buahan ini sebagai bagian dari diet kehamilan yang sehat dalam salad, smoothie, yogurt, atau sebagai camilan kapan saja.

Berikut ini 7 jenis buah yang bisa Anda konsumsi rutin selama kehamilan, melansir dari Healthline (3/12/21):

1. Jeruk

Jeruk membantu ibu hamil tetap terhidrasi. Buah ini juga merupakan sumber asam folat. Folat adalah vitamin B yang sangat penting dalam membantu mencegah cacat otak dan sumsum tulang belakang.

American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan untuk mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat per hari sebelum Anda mulai mencoba untuk memiliki bayi, kemudian setidaknya 600 mcg per hari saat hamil.

Jeruk juga merupakan sumber vitamin C yang bagus. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel. Ini juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi.

2. Mangga

Mangga adalah sumber vitamin C yang hebat lainnya. Satu porsi mangga dapat memberikan  kecukupan harian vitamin C Anda.

Mangga juga tinggi vitamin A. Kekurangan vitamin A saat lahir dikaitkan dengan kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti diare dan infeksi pernapasan.

Buah tropikal ini menjadi pilihan bagus untuk menghilangkan keinginan konsumsi makanan manis Anda selama kehamilan. Perlu diingat, makanlah dalam jumlah sedang, bersama dengan berbagai buah lainnya.

3. Alpukat

Alpukat memiliki lebih banyak folat dibandingkan buah lainnya. Mereka juga merupakan sumber yang bagus dari vitamin C, B, K, serat, kolin, magnesium, dan kalium.

Kandungan potasium dan magnesium diklaim dapat membantu meredakan mual. Kalium juga dapat membantu meredakan kram kaki yang disebabkan oleh rendahnya kalium dan magnesium.

Kolin penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi Anda. Kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nutrisi hamil ibu hamil
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top