Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terungkap! 12 Penyebab Anda Selalu Merasa Lelah Sepanjang Hari

Berikut ini 12 penyebab Anda selalu merasa lelah sepanjang hari seperti dilansir dari Healthline, Minggu (5/12/2021).
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 05 Desember 2021  |  20:50 WIB
Ilustrasi karyawan mengalami kelelahan saat bekerja - Freepik
Ilustrasi karyawan mengalami kelelahan saat bekerja - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebiasaan bekerja dari rumah (work from home/WFH) membuat banyak orang bekerja melewati batas waktu sehingga menyebabkan kelelahan. Ini 12 penyebab Anda selalu merasa lelah sepanjang hari.

Kebanyakan orang tidak akan menganggap kantuk atau lelah di siang hari sebagai masalah besar. Namun, jika rasa kantuk Anda terus berlanjut dan mengganggu kehidupan sehari-hari mungkin sudah waktunya untuk menemui dokter dan mencari tahu penyebabnya.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kantuk Anda. Mungkin Anda tidak cukup tidur karena masalah kesehatan yang mendasarinya, seperti sleep apnea atau narkolepsi.

Berikut 12 penyebab Anda selalu merasa lelah sepanjang hari seperti dilansir dari Healthline, Minggu (5/12/2021).

1. Pola Makan

Jika Anda memiliki kecenderungan untuk melewatkan waktu makan, Anda mungkin tidak mendapatkan kalori yang Anda butuhkan untuk mempertahankan energi Anda. Kesenjangan panjang di antara waktu makan dapat menyebabkan gula darah Anda turun, mengurangi energi Anda.

Penting untuk tidak melewatkan makan. Bahkan, Anda juga harus makan camilan sehat penambah energi di antara waktu makan, terutama saat Anda mulai merasa lesu.

2. Kekurangan Vitamin

Kelelahan sepanjang waktu juga bisa menjadi tanda kekurangan vitamin. Ini bisa termasuk kadar vitamin D, vitamin B-12, zat besi, magnesium, atau kalium yang rendah.

Dokter Anda mungkin menyarankan untuk mengonsumsi suplemen. Anda juga dapat meningkatkan asupan makanan tertentu untuk memperbaiki kekurangan secara alami. Misalnya, makan kerang, daging sapi, dan hati dapat membalikkan kekurangan B-12.

3. Kurang Tidur

Tidur larut malam dapat mengurangi tingkat energi Anda. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara tujuh dan sembilan jam tidur setiap malam.

Latih kebiasaan tidur yang lebih baik untuk meningkatkan energi Anda. Pergi tidur lebih awal dan ambil langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Tidur di kamar yang gelap, tenang, dan nyaman. Hindari aktivitas yang merangsang sebelum tidur, seperti olahraga dan menonton TV.

4. Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan kelelahan. Semakin banyak beban yang Anda bawa, semakin keras tubuh Anda harus bekerja untuk menyelesaikan tugas sehari-hari seperti menaiki tangga atau membersihkan.

Buatlah rencana untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan tingkat energi Anda. Mulailah dengan aktivitas ringan seperti berjalan atau berenang, dan secara bertahap tingkatkan intensitas sesuai stamina Anda.
Jangan lupa untuk makan lebih banyak buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian. Kurangi asupan gula, junk food, dan makanan berlemak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur lelah wfh
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan
back to top To top