50 Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menerima vaksinasi dosis ketiga atau booster menggunakan vaksin Moderna/Twitter Kemenkes RI
Health

Siapa Saja yang Dapat Vaksin Covid-19 Booster Gratis?

Novita Sari Simamora
Senin, 6 Desember 2021 - 13:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mencegah penularan Covid-19 Omnicron maka pemerintah Indonesia akan menyuntikan vaksin booster dosis ketiga dengan dua cara yakni gratis dan berbayar.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan penyuntikan booster vaksin Covid-19 ketiga akan dimulai pada Januari 2022. Bila berbayar, maka biaya yang dikenakan paling mahal Rp300.000 per dosis.

Namun kini, pemerintah masih menghitung lebih detail lagi harga vaksin Covid-19 booster yang lebih detail. Program vaksinasi penguat ini akan berlaku paralel di tiap provinsi di Indonesia.

Menkes Budi Gunadi sempat menyebut harga vaksin booster sekitar di bawah Rp300.000. Namun, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan harga pasti vaksin dosis ketiga masih dihitung oleh Kementerian Kesehatan.

Luhut mengungkapkan hanya sekitar 100 juta orang yang bisa mendapatkan vaksin booster gratis. Selebihnya akan dikenakan biaya untuk mendapatkan booster.

"Enggak ada provinsi (prioritas), langsung paralel semuanya. Semuanya dianjurkan, diwajibkan untuk mendapatkan booster atau suntik ketiga," ungkap Luhut.

Siapa sajakah yang akan mencapatkan vaksin dosis tambahan secara gratis? Pada Januari 2022, pemerintah akan memprioritaskan lansia dan orang dengan gangguan imun dalam program vaksin Covid-19 booster.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan agar masyarakat menerima dosis tambahan atau vaksin Covid-19 booster setelah menerima dosis lengkap.

WHO menyebutkan dosis tambahan diperlukan hanya kalau tubuh tidak merespons sesuai dengan seharusnya, atau karena kekebalan mulai berkurang seiring waktu berjalan.

Selain itu, WHO juga menyatakan dosis tambahan diperlukan jika kinerja vaksin kurang dalam menghadapi beberapa varian yang muncul. Namun, saat ini vaksin memberikan respons yang bagus dan terbukti kuat serta bisa bertahan menghadapi varian baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro