Ilustrasi pasien mengecek gejala diabetes/Freepik
Health

Kenali 10 Gejala Diabetes dari Masalah Kulit

Tresia
Rabu, 8 Desember 2021 - 20:30
Bagikan

Xanthomatosis Erupsi, Kulite Tebal dan Sendi Kaku

Tahukah anda, banyak masalah kulit diabetes dapat terjadi pada orang sehat, tetapi penderita diabetes memiliki risiko yang jauh lebih tinggi. Masalah kulit diabetes seperti, infeksi bakteri, ruam diabetes, lepuh diabetes, dermopati diabetik, infeksi jamur, nekrobiosis lipoidica diabetesorum dan kulit gatal.

Mengontrol glukosa darah Anda adalah langkah pertama dalam mencegah dan mengobati masalah kulit diabetes. Ketika diabetes mulai mempengaruhi kulit Anda, sehingga menyebabkan luka pada kulit atau ruam diabetes, itu pertanda kadar gula darah Anda terlalu tinggi.

6. Lepuh Diabetes

Meski jarang terjadi, tetapi beberapa penderita diabetes mengalami lepuh (bullosis diabetesorum). Lepuh terjadi pada punggung jari tangan, tangan, jari kaki, kaki, dan terkadang pada tungkai atau lengan bawah. Luka kulit ini menyerupai luka bakar. Memiliki neuropati diabetes menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan lepuh ini . Kendati demikian, lepuh biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. 

7. Xanthomatosis Erupsi

Diabetes yang tidak terkendali dapat menyebabkan xanthomatosis erupsi atau terjadinya pertumbuhan kulit yang keras, kuning, seperti kacang polong. Benjolan memiliki lingkaran merah di sekitarnya dan mungkin terasa gatal. Mereka biasanya ditemukan di punggung tangan, kaki, lengan, dan bokong.

Masalah kulit ini biasanya menyerang pria muda dengan kolesterol tinggi   dan trigliserida sangat tinggi (lemak dalam darah). Menurunkan kadar glukosa darah adalah pengobatan utama untuk luka kulit ini.

8. Kulit Tebal dan Sendi Kaku

 Sekitar sepertiga orang dengan diabetes tipe 1 memiliki sklerosis digital yakni dengan kulit tebal, kencang, seperti lilin yang berkembang di punggung tangan. Sendi jari menjadi kaku dan sulit digerakkan. Terkadang masalah kulit ini juga terjadi pada jari kaki dan dahi. Bahkan, lutut, pergelangan kaki, atau siku bisa menjadi kaku. Cobalah untuk kontrol glukosa darah karena upaya tersebut adalah satu-satunya pengobatan. Selain itu, anda juga bisa menggunakan pelembab agar dapat membantu melembutkan kulit.

9. Munculnya Granuloma Annulare

Masalah kulit ini menyebabkan bintik-bintik terangkat, bergelombang, atau berbentuk cincin yang berwarna kulit, merah, atau merah-coklat. Granuloma annulare diseminata paling sering terjadi pada jari tangan dan telinga. Beberapa orang melaporkan gatal ringan.

Biasanya, perawatan medis tidak diperlukan karena ruam biasanya hilang dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas. Tetapi tanyakan kepada dokter Anda apakah steroid topikal, seperti hidrokortison , dapat memperbaiki masalah kulit Anda. 

10. Acanthosis nigricans 

Menyebabkan masalah kulit pada lipatan tubuh dan membuat lipatan kulit menjadi lebih gelap, tebal, dan lembut. Masalah kulit diabetes ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kelebihan berat badan.

Tidak ada obatnya, tetapi menurunkan berat badan dapat memperbaiki penampilan kulit. Jika Anda memiliki masalah kulit dan belum didiagnosis menderita diabetes , bicarakan dengan dokter Anda. Akantosis nigrikans biasanya muncul sebelum diabetes menyerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tresia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro