Co-chair Bill and Melinda Gates Foundation, Bill Gates menjadi pembicara saat Bloomberg New Economy Forum di Beijing, China, Kamis (21/11/2019). Bloomberg/Takaaki Iwabu
Relationship

5 Buku Favorit Bill Gates di Tahun 2021

Jessica Gabriela Soehandoko
Selasa, 14 Desember 2021 - 21:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gates merupakan sosok yang menyukai membaca buku dari sejak kecil. Dirinya terlalu senang membaca hingga orang tuanya menetapkan aturan bagi dirinya.

“Ketika saya masih kecil, saya terobsesi dengan fiksi ilmiah,” Ucapnya. “Ada sesuatu yang sangat mendebarkan bagi saya tentang kisah-kisah ini yang mendorong batas-batas dari apa yang mungkin.” Lanjutnya yang dilansir dari Forbes.

Terdapat dua buku fiksi ilmiah, berfokus pada sains, dan novel tentang salah satu dramawan yang paling terkenal sepanjang masa. Berikut buku yang Gates rekomendasikan ke dalam blog pribadinya yakni GatesNotes.

1. A Thousand Brains: A New Theory of Intelligence, oleh Jeff Hawkins.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut dalam membuat AI sejati, buku ini menawarkan teori yang menarik. Hawkins yang mungkin dikenal sebagai salah satu penemu PalmPilot, namun dirinya menghabiskan beberapa dekade untuk memikirkan hubungan antara ilmu saraf dan pembelajaran mesin.

2. The Code Breaker: Jennifer Doudna, Gene Editing, and the Future of the Human Race, oleh Walter Isaacson

Sistem pengeditan gen CRISPR adalah salah satu terobosan ilmiah paling keren dan mungkin paling penting dalam dekade terakhir, menurut Gates. Gates sendiri mengetahui dikarenakan pekerjaannya dan mendanai sejumlah proyek yang menggunakan teknologi tersebut. Namun dirinya masih banyak belajar dari buku yang komprehensif dan mudah diakses.

3. Klara and the Sun, oleh Kazuo Ishiguro

Buku ini menceritakan bahwa masa depan robot bukanlah kekuatan untuk kejahatan, melainkan berfungsi sebagai teman untuk menemani. Buku ini membuat Gates berpikir tentang seperti apa kehidupan dengan robot super cerdas. Apakah nantinya akan memperlakukan jenis mesin ini sebagai bagian dari teknologi atau sebagai sesuatu yang lebih.

4. Hamnet, oleh Maggie O’Farrell.

Jika Anda seorang penggemar Shakespeare, Anda akan menyukai novel ini. Novel ini berisi mengenai kehidupan pribadinya yang telah memengaruhi penulisan salah satu dramanya yang paling terkenal. Gates sendiri sangat menikmati dalam membaca mengenai istrinya yakni Anne, yang digambarkan di dalam buku sebagai sosok yang hampir supranatural.

5. Project Hail Mary, oleh Andy Weir

Gates pertama kali diperkenalkan dengan tulisan Weir melalui The Martian. Novel terbarunya adalah kisah liar tentang seorang guru sains sekolah menengah yang terbangun di sistem bintang yang berbeda, tanpa ingatan tentang bagaimana dia sampai di sana. Kisah selanjutnya adalah tentang bagaimana menggunakan sains dan teknik untuk menyelamatkan harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro