Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kaleidoskop 2021: Skandal Kim Seon Ho Kena Cancel Culture, Tapi Tetap Bersinar

Kaleidoskop 2021 di dunia hiburan, khususnya Drama Korea, fokus pada skandal yang menimpa Kim Seon Ho. Meski kena cancel culture, Kim Seon Ho tetap bersinar.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 27 Desember 2021  |  16:59 WIB
Kaleidoskop 2021: Skandal Kim Seon Ho Kena Cancel Culture, Tapi Tetap Bersinar
Kim Seon Ho, aktor asal Korea Selatan - Koreaboo.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kaledoskop 2021 di dunia hiburan, khususnya terkait drama korea (drakor), menyeret aktor tampan Kim Seon Ho. Skandal Kim Seon Ho yang terjadi beberapa bulan lalu menjadi gempar tak hanya di Korea, tetapi berbagai negara.

Bagaimana tidak, karier Kim Seon Ho baru bersinar karirnya selama dua tahun terakhir. Aktor dan bintang variety show tersebut justru terkena cancel culture yang mengakibatkan dirinya harus mundur dari beberapa program televisi dan proyek lain yang dikerjakan.

Nama Kim Seon-Ho menggema setelah perannya sebagai Han Ji-Pyeong di drama Korea berjudul Start-Up yang tayang pada akhir 2020.

Setelah itu, karir Seon-Ho kian meroket dengan banyak brand yang mengajak kerja sama dengannya. Dia bahkan didapuk sebagai dua perusahaan asal Indonesia, yaitu Ajaib Investasi dan Everwhite, sebagai duta merek atau brand ambassador. Wajah Kim Seon Ho juga laris menghiasi layar kaca dan billboard di berbagai negara.

Tahun ini, bintang variety show 2 Days 1 Night tersebut membintangi drakor yang berjudul "Hometown Cha-cha-cha" bersama aktris cantik Shin Min Ah.

Home Town Cha-cha-cha yang tayang di Netflix menjadi sangat diminati penikmat drama karena ceritanya yang menyentuh merupakan remake dari sebuah film berjudul “Mr. Hong”.

Tepat setelah selesainya episode terakhir drama tersebut, muncul tudingan dari akun anonim di salah satu chat forum di Korea. Tudiangan tersebut tak main-main, yaitu Kim Seon-Ho dituduh secara sengaja menyuruh mantan pacarnya melakukan aborsi.

Belakangan diketahui, orang yang menulis postingan tersebut bernama Choi Young-Ah, mantan penyiar KBS yang ternyata merupakan mantan kekasih Kim Seon-Ho.

Setelah muncul skandal tersebut, hampir semua brand yang melakukan kerja sama dengan Seon Ho menghapus postingan mereka. Foto dan video terkait kerja sama dengan Seon Ho diblokir. Apalagi, tidak ada kejelasan dari pihak agensi Salt Entertainment terkait skandal tersebut.

Setelah menunggu kepastian beberapa hari, pada 20 Oktober 2021 akhirnya Seon Ho mengaku terkait rumor tentang dirinya. Dia juga meminta maaf kepada mantan pacar karena telah menyakitinya.

Publik menjadi heboh akan berita tersebut. Lantaran pengakuannya, Kim Seon-Ho terpaksa meninggalkan program acara hiburan yang ikut membesarkan namanya, yaitu 2 Days 1 Night. Kim Seon Ho menjadi korban cancel culture yang sering terjadi di Korea.

Namun, skandal tidak berhenti di situ. Sindiran dan hujatan dari netizen ke Kim Seon Ho berubah setelah salah satu outlet media Korea Selatan Dispatch mengungkap fakta-fakta terkait sosok Choi Young-Ah. Dispatch bahkan mengunggah bukti pesan singkat di aplikasi Kakao Talk antara Seon-Ho dengan Young Ah. Faktanya, Seon Ho tidak pernah memaksa mantan pacarnya untuk melakukan aborsi atau bersikap manipulatif.

Bukti chat Kim Seon Ho dan Choi Young Ah yang dipublikasikan Dispatch/IG @Michimomo

Sayangnya, nasi sudah menjadi bubur. Publik Korea Selatan sudah terlanjur menghujan Seon Ho. Seluruh aktivitas aktor tampan tersebut di media sosial berhenti. Di sisi lain, orang-orang terdekat Seon Ho justru mengungkap kebaikan sikap aktor tersebut di dunia nyata.

Anehnya, cancel culture yang menerpa tidak meredupkan popularitas dan karirnya. Pada awal November, merek yang melakukan kerja sama mulai memasang kembali foto dan video Seon Ho, seperti Nau Korea dan Edition Sensibility, yang sebelumnya melakukan ‘take down’.

Kim Seon-Ho bahkan telah memulai syuting untuk film aksi Sad Tropical pada awal Desember lalu. Fans Kim Seon-Ho yang dikenal dengan sebutan Seonhohada pun tak tinggal diam. Mereka terus melakukan voting online sehingga Seon Ho menjadi pemenang kategori ‘Most Popular Actor’ di ajang Asia Artist Award (AAA) 2021.

Pria dengan lesung pipi itu tidak tanggung-tanggung mengalahkan aktor Korea terkenal lainnya, seperti Cha Eun Woo, Kim So Hyun, dan Lee Seung Gi.

Terbaru, anggota 2 Days 1 Night Moon Se Yoon menyebutkan nama Seon Ho kala mengucapkan terima kasih nya setelah memenangkan Daesang di acara KBS Entertainment Award 2021. Moon Se Yoon menjadi orang pertama yang mengucapkan nama Seon Ho di publik atau media Korea setelah skandal terjadi.

Bagaimana nasib karier Kim Seon-Ho pada 2022? Kita tunggu bersama penayangan Sad Tropic tahun depan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

drama korea Kim Seon Ho kaleidoskop 2021
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top