Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru, Ada yang Lempar Roti ke Dinding

Sejumlah negara memiliki tradisi unik dalam merayakan tahun baru. Berikut beberapa di antaranya.
Aliftya Amarilisya/Tempo
Aliftya Amarilisya/Tempo - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  21:40 WIB
Kembang api - youtube
Kembang api - youtube
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Malam pergantian tahun menjadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh banyak orang dari berbagai negara. Pada momen itu, biasanya mereka akan menggelar perayaan untuk menyambut tahun yang baru.

Di Indonesia sendiri, malam pergantian tahun baru umumnya diisi dengan menyalakan kembang api. Lalu, ada pula yang lebih memilih untuk makan bersama maupun bebakaran jagung dengan keluarga ataupun sahabat.

Nah, lalu bagaimana dengan negara lain? Secara umum, perayaan yang digelar memang sama, yakni melibatkan kembang api dan acara makan-makan.

Namun, sejumlah negara ini rupanya memiliki tradisi turun-temurun yang unik dalam merayakan malam tahun baru. Tak hanya itu, tradisi tersebut pun menyimpan filosofi yang dalam bagi masyarat setempat.

Berikut adalah negara dengan tradisi malam tahun baru yang unik di seluruh dunia.

1. Kolombia

Sebagai bagian dari tradisi malam tahun baru, masyarakat Kolombia mengandalkan kentang dalam hal ramal-meramal. Pada tanggal 31 Desember, tepat pada malam hari, mereka akan meletakkan tiga kentang di bawah tempat tidurnya. Satu kentang dikupas, satu tidak dikupas, dan yang ketiga setengah dikupas.

Lalu, ketika jam menunjukkan pukul 12 tengah malam, mereka akan memilih kentang secara acak. Kentang yang dipilih nantinya akan menggambarkan masa depan mereka.

Kentang yang dikupas menandakan bahwa sang pemilih akan menemui tantangan finansial di tahun yang baru. Kentang yang tidak dikupas menandakan kemakmuran, sedangkan kentang yang setengah dikupas menunjukkan jalan tengah antara tantangan dan kemakmuran.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tahun baru unik
Editor : Aliftya Amarilisya
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top