Gula darah/boldsky.com
Health

Suplemen Ini Bisa Kurangi Asupan Gula pada Wanita

Ni Luh Anggela
Senin, 3 Januari 2022 - 19:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gula merupakan bahan pemanis yang seringkali digunakan untuk memperkaya rasa, entah dalam makanan maupun minuman. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsinya dapat berakibat buruk pada kesehatan Anda, mulai dari merusak mood hingga penyakit jantung.

Tidak ingin mengalami hal-hal tersebut? Saat ini, ada bukti baru yang menunjukkan bahwa suplemen dapat membantu Anda mengurangi asupan gula. Secara khusus, para peneliti menemukan bahwa melengkapi diet Anda dengan galakto-oligosakarida (GOS) prebiotik dapat secara signifikan mengurangi asupan gula pada wanita.

Melansir Eat This, Senin (3/1/2021), peneliti dari University of Surrey di Guildford Inggris mengamati sekitar 50 wanita dengan rentang usia 18 dan 25 tahun selama empat minggu. Setengah dari mereka diberikan suplemen GOS setiap harinya. Kelompok suplemen mendapat 4,1 persen lebih sedikit energi dari gula dan 4,3 persen lebih sedikit dari karbohidrat.

Dengan meningkatkan jumlah Bifidobacterium sejenis bakteri yang menguntungkan dalam usus partisipan, para peneliti menduga suplemen tersebut mampu mengurangi kecemasan yang dapat menyebabkan apa yang disebut "comfort eating" dari makanan tinggi gula.

Jadi, daripada berfokus pada kebiasaan makan itu sendiri, para peneliti berpendapat bahwa suplemen ini mengatasi akar penyebab konsumsi gula yang berlebihan.

Perlu dicatat bahwa studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients ini menggunakan suplemen yang dipasok oleh perusahan susu FrieslandCampina yang berbasis di Belanda, yang telah menyediakan dana untuk dua penulis penelitian. Jadi, pada dasarnya, para peneliti memiliki insentif finansial untuk menemukan manfaat dari suplemen ini.

Eksperimen ini bukanlah studi pertama yang didedikasikan untuk menemukan efek positif dari suplemen GOS FrieslandCampina.

Pada bulan April, mereka menerbitkan sebuah penelitian yang menemukan bukti bahwa suplemen dapat membantu mengatasi kecemasan pada wanita muda.

Apabila Anda tidak yakin dengan suplemen ini, Anda tidak harus mengonsumsi suplemen ini. Namun, Anda bisa melakukan hal-hal seperti lebih sering memasak di rumah , tetap terhidrasi dan menghindari daging olahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro