Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kelebihan Vitamin dan Suplemen Ini Bisa Bikin Rambut Rontok

Rambut rontok, yang secara medis dikenal sebagai alopecia, cukup umum. Diperkirakan, misalnya, sekitar 40 persen wanita berusia 70 tahun atau lebih mengalami kebotakan pola wanita, di mana fase pertumbuhan rambut melambat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Desember 2021  |  08:25 WIB
Kelebihan Vitamin dan Suplemen Ini Bisa Bikin Rambut Rontok
Rambut rontok - huffingtonpost
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin dan suplemen memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda. Tetapi, kebanyakan mengonsumsinya juga bisa memicu masalah lain. Salah satunya adalah kerontokan rambut.

Kerontokan rambut adalah hal yang wajar, meskipun jika Anda kehilangan lebih dari 125 helai rambut sehari, Anda mungkin mengalami penipisan. 

Rambut rontok, yang secara medis dikenal sebagai alopecia, cukup umum. Diperkirakan, misalnya, sekitar 40 persen wanita berusia 70 tahun atau lebih mengalami kebotakan pola wanita, di mana fase pertumbuhan rambut melambat.

Klinik Transplantasi Rambut Wimpole mengatakan selenium yang berlebihan, dan terlalu banyak mengonsumsi vitamin A, bisa menyebabkan kerontokan rambut. Karena itu, Anda harus membatasi jumlah asupannya.

Dilansir dari Express, Organisasi Kesehatan Dunia mencantumkan "alopecia" sebagai akibat dari toksisitas vitamin A kronis.

Selain itu, penelitian yang dilakukan pada tahun 2018, yang mengulas 47 makalah penelitian lain tentang topik ini, mengidentifikasi vitamin A yang berlebihan sebagai salah satu agen toksik terpenting yang terlibat dalam pengembangan alopecia.

Sementara itu, jumlah selenium yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut pada beberapa orang.

Menurut para peneliti di University of Surrey, mengonsumsi terlalu banyak selenium menciptakan terlalu banyak enzim antioksidan. Kelebihan enzim antioksidan ini menyebabkan tubuh menyerang sel-selnya sendiri, termasuk yang ada di folikel rambut, yang mengakibatkan kerontokan rambut.

Meskipun demikian, untuk pertumbuhan rambut yang sehat, nutrisi, vitamin, dan mineral sangat penting. Pasalnya, menurut Pusat Restorasi Rambut New Jersey mengatakan kekurangan nutrisi yang menyebabkan rambut rontok bervariasi.

Situs tersebut mengatakan bahwa kekurangan zat besi "adalah bentuk yang sangat umum" dari kekurangan nutrisi dan penyebab utama kerontokan rambut.

Karena zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh aliran darah, tanpa zat besi yang cukup, sel darah tidak dapat memberikan oksigen yang cukup ke tubuh, mengakibatkan gejala seperti rambut rontok, kuku rapuh, dan kelelahan.

Mereka juga mengatakan bahwa seng adalah "nutrisi penting untuk rambut sehat" karena memainkan "peran penting dalam sel dan fungsi kekebalan dan sintesis protein".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rambut rontok Vitamin A
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top