Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bolehkah Memilih Jenis Vaksin Booster di Layanan Vaksinasi?

Pemerintah sudah menetapkan, bahwa 3 jenis vaksin covid yang akan dijadikan booster di tahap awal adalah Pfizer, Moderna dan AstraZeneca.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 12 Januari 2022  |  09:44 WIB
Bolehkah Memilih Jenis Vaksin Booster di Layanan Vaksinasi?
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Covid-19 Moderna saat vaksinasi dosis ketiga sebagai vaksin penguat untuk tenaga medis. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengingat program vaksinasi booster yang dimulai hari ini, Rabu 12 Januari 2022, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mengambil vaksin booster ini.

Salah satunya adalah jenis vaksin yang akan diberikan.

Pemerintah sudah menetapkan, bahwa 3 jenis vaksin covid yang akan dijadikan booster di tahap awal adalah Pfizer, Moderna dan AstraZeneca.

Lantas, bisakah Anda memilih jenis vaksin dari ketiga booster tersebut?

Dikutip dari laman resmi Kemenkes, disebutkan jika jenis vaksin ketiga yang diberikan akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis 1 dan 2 yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin di tempat layanan.

Perinciannya yakni untuk vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.

Untuk vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.

Vaksin booster diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia serta diperuntukkan bagi yang berusia 18 tahun ke atas dan telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan. Kelompok prioritas penerima vaksin booster adalah orang lanjut usia (lansia) dan penderita immunokompromais.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pfizer Vaksin Booster
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top