Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Covid-19 Moderna saat vaksinasi dosis ketiga sebagai vaksin penguat untuk tenaga medis./Antara
Health

Bolehkah Memilih Jenis Vaksin Booster di Layanan Vaksinasi?

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 12 Januari 2022 - 09:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengingat program vaksinasi booster yang dimulai hari ini, Rabu 12 Januari 2022, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mengambil vaksin booster ini.

Salah satunya adalah jenis vaksin yang akan diberikan.

Pemerintah sudah menetapkan, bahwa 3 jenis vaksin covid yang akan dijadikan booster di tahap awal adalah Pfizer, Moderna dan AstraZeneca.

Lantas, bisakah Anda memilih jenis vaksin dari ketiga booster tersebut?

Dikutip dari laman resmi Kemenkes, disebutkan jika jenis vaksin ketiga yang diberikan akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis 1 dan 2 yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin di tempat layanan.

Perinciannya yakni untuk vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.

Untuk vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.

Vaksin booster diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia serta diperuntukkan bagi yang berusia 18 tahun ke atas dan telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan. Kelompok prioritas penerima vaksin booster adalah orang lanjut usia (lansia) dan penderita immunokompromais.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro