Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Make-Up dan Skincare

Berikut 6 hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli make-up dan skincare. Jangan salah pilih, ladies!
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 12 Januari 2022  |  16:15 WIB
Ilustrasi perempuan memilih kosmetik atau make-up yang sesuai - Freepik
Ilustrasi perempuan memilih kosmetik atau make-up yang sesuai - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Belanja komestik (make-up) dan perawatan wajah (skincare) merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi sebagian perempuan.

Hal ini karena dengan menggunakan kosmetik dan perawatan wajah yang sesuai, perempuan dapat menunjang penampilan agar terlihat makin cantik.

Bahkan beberapa perempuan tidak ragu untuk mengeluarkan budget besar demi membeli rangkaian kosmetik dan perawatan wajah bermerek. Sementara sebagian lagi justru memilih produk kosmetik yang harganya cenderung.

Memilih make-up dan skincare yang sesuai dengan kondisi kulit sama pentingnya dengan makanan yang Anda makan. Pasalnya, Bahan kimia yang bersentuhan dengan kulit Anda dapat diserap ke dalam aliran darah Anda.

Banyak bahan beracun yang digunakan dalam produk make-up dan skincare. Meskipun mungkin tidak menimbulkan reaksi apa pun pada kulit untuk jangka pendek. Namun, beberapa bahan yang paling umum digunakan bergabung dengan bahan lain untuk membentuk zat penyebab kanker.

Dilansir dari Times of India pada Rabu (12/1/2022), berikut 6 hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli make-up dan skincare.

1. Cek Label

Pastikan untuk memerika tag atau label pada produk kosmetik dan perawatan wajah. Banyak produsen menggunakan kata herbal, organik, atau alami pada label untuk mempromosikan produk mereka.

Oleh karena itu, periksa kembali kesesuaian label dengan daftar kandungannya sehingga Anda tidak disesatkan oleh label produk.

2. Tidak Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Banyak make-up dan skincare yang terbuat dari bahan kimia, seperti parabens, petrochemicals, lead, mercury, dan phthalates.

Bahan-bahan ini bisa membahayakan tubuh pemakainya bila digunakan dalam jangan waktu lama. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui kandungan kimia di dalam produk dengan mengecek teksturnya.

Salah satu contohnya bahan yang mengandung mercury biasanya akan bersifat lengket di tangan dan mengkilap seperti ada bling-bling mutiara di dalamnya. Selain itu, Anda bisa memilih kosmetik yang sudah teregistrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

3. Cek Kandungan

Beberapa produsen make-up dan skincare menyebutkan daftar kandungannya yang panjang. Hal ini kadang membuat Anda kebingungan.

Produk semacam itu belum tentu lebih baik daripada produk dengan daftar kandungan yang lebih pendek dan sebaliknya. Jadi, baca dengan teliti kandungan apa saja di dalam kosmetik yang akan meresap ke dalam kulit Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kosmetik make up perawatan wajah Skincare
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top