Ilustrasi petugas mengambil vaksin dosis ketiga atau vaksin booster/Kemenkes RI
Health

Ini Efek dan Manfaat Booster Covid-19 Bagi Lansia

Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina
Kamis, 13 Januari 2022 - 22:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak 12 Januari 2022 Indonesia sudah mulai memberikan vaksin dosis ketiga atau booster Covid-19 dengan prioritas lansia. Booster vaksin ini memiliki manfaat yang baik bagi lansia untuk meningkatkan sistem imun yang sudah tidak sekuat sebelumnya. 

Melansir dari Center for Disesase Control and Prevention (CDC), Kamis (13/1/2022) suntikan booster menjadi dosis tambahan vaksin yang diberikan setelah perlindungan yang diberikan oleh suntikan asli mulai berkurang seiring waktu. Biasanya, Anda akan mendapatkan booster setelah kekebalan dari dosis awal secara alami mulai berkurang.

Booster Covid-19 dirancang untuk membantu orang mempertahankan tingkat kekebalan mereka lebih lama. Bagi lansia, mendapat booster dapat menurunkan risiko penyakit yang parah.

Risiko penyakit parah akibat Covid-19 meningkat seiring menua. Mendapatkan vaksin Covid-19 merupakan langkah penting dalam membantu mencegah sakit akibat virus corona. Selain itu, dengan memperkuat sistem imun juga akan menjaga diri dan orang sekitar dari infeksi virus.

Setelah disuntik, Anda mungkin mengalami beberapa gejala sementara yang serupa dengan vaksin sebelumnya, seperti: 

  1. Lengan yang sakit dan bengkak di tempat yang disuntik
  2. Demam
  3. Nyeri tubuh 
  4. Sakit kepala
  5. Kelelahan 
  6. Meriang 

Gejala-gejala tersebut tidak berarti Anda menjadi sakit. Mereka memberi sinyal bahwa sistem kekebalan Anda merespons suntikan dan membangun perlindungan terhadap virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami