Inspirasi menu masakan untuk menjalani diet vegan/Freepik
Health

6 Jenis Diet Vegetarian, Bikin Sehat dan Langsing!

Nabila Dina Ayufajari
Kamis, 20 Januari 2022 - 17:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diet atau pola makan vegetarian semakin populer dan diminati oleh sebagian orang. Bagaimana tidak, pola makan ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti menjaga kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga membuat tubuh kian langsing.

Namun, tidak sedikit orang yang menduga pola makan vegetarian hanya menekankan dalam produk nabati daripada hewani. Padahal Vegetarisme bukan hanya tentang mengonsumsi buah atau sayuran saja. Beberapa jenis diet vegetarian memperbolehkan Anda mengonsumsi produk hewani, seperti ikan atau hewan laut (seafood) lainnya.

Berikut jenis diet vegetarian dan komposisi makanan yang termasuk di dalamnya, seperti yang dilansir dari Times of India, Kamis (20/1/2022).

6 Jenis Diet Vegetarian yang bisa bikin sehat dan langsing

1. Diet Vegan (Veganism)

Jenis diet Vegan mengecualikan semua produk hewani, seperti daging, ikan, produk susu, dan telur. Beberapa orang yang menjalani diet ini juga tidak diperbolehkan untuk konsumsi madu karena diproduksi oleh lebah. Diet ini hanya mengonsumsi makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Pakar kesehatan menyarankan para Veganism untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B12, zat besi, omega 3, atau zinc karena pola makan Vegan memiliki asupan nutrisi yang rendah.

Selain itu, biasanya para pengikut diet Vegan juga akan menghindari membeli produk, seperti kosmetik, pakaian, dan sepatu yang terbuat atau diuji dengan hewan. Oleh karena itu, Veganism bukan hanya bentuk diet, tetapi juga gaya hidup.

6 Jenis Diet Vegetarian, Bikin Sehat dan Langsing!

2. Diet Vegetarian Ovo (Ovo-vegetarianism)

Mirip dengan diet Vegan, Vegetarian Ovo juga mengecualikan daging, unggas, susu, dan makanan laut untuk dikonsumsi. Namun, Vegetarian Ovo diperbolehkan untuk makan non-sayuran, yaitu hanya telur.

Vegetarian Ovo dapat mengonsumsi telur dalam bentuk apapun, seperti semua jenis kue, roti, muffin, atau pai yang mengandung telur di dalamnya.

6 Jenis Diet Vegetarian, Bikin Sehat dan Langsing!

3. Diet Vegetarian Lakto (Lacto-vegetarianism)

Ketika berbicara tentang para pengikut Vegetarian Lakto, mereka juga akan menghindari semua jenis non-sayuran dari makanannya, seperti daging, unggas, telur, dan makanan laut.

Namun, Vegetarian Lakto dapat mengonsumsi produk susu, seperti seperti mentega, keju, yogurt, krim dan es krim. Sama dengan namanya, produk berbasis laktosa diizinkan dalam diet ini.

6 Jenis Diet Vegetarian, Bikin Sehat dan Langsing!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro