Ruam merah pada kulit menjadi gejala baru virus Corona (Covid-19)/News Medical
Health

5 Ruam Kulit yang Menunjukkan Gejala Awal Covid-19

Lukman Nur Hakim
Rabu, 26 Januari 2022 - 15:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penyebaran virus Covid-19, khususnya varian Omicron masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Simak 5 jenis ruam kulit yang menunjukkan gejala awal Covid-19.

Gejala awal Covid-19 biasanya menyerang sistem pernapasan. Namun, gejala tersebut tidak hanya terbatas pada sistem pernapasan, Rasa gagatal atau bentuk ruam, sakit kepala, nyeri otot, dan lain-lain merupakan gejala dari Covid-19.

Meskipun bukan gejala utama seperti pilek, batuk, atau kehilangan penciuman dan perasa (anosmia), tetapi ruam atau gatal-gataljuga tidak dapat diabaikan. Dilansir dari Time of India pada Rabu (26/1/22), ruam di kulit dapat menjadi salah satu gejala Covid-19.

Berikut 5 ruam kulit yang bisa jadi awal gejala Covid-19

1. Benjolan di Jari Kaki

Digit Covid juga dikenal sebagai jari kaki Covid merupakan benjolan merah dan ungu di jari kaki. Ini muncul dalam banyak angka, sehingga disebut sebagai digit Covid.

Secara medis dikenal sebagai chilblains, kondisi kulit lebih umum terjadi selama bulan-bulan yang lebih dingin, tetapi dalam kasus Covid-19, kondisi ini dapat muncul di musim apa pun.

Karena benjolan, jari tangan dan kaki mungkin tampak bengkak, tetapi tidak menyebabkan iritasi. Seiring waktu, kulit bagian atas mungkin terkelupas dan bagian bawahnya mungkin tampak bersisik.

2. Eksim

Eksim merupakan kondisi peradangan yang membuat kulit tampak meradang, gatal, pecah-pecah, dan kasar. Ruam sebagian besar gatal dan dapat berkembang bahkan pada orang yang tidak memiliki riwayat kondisi kulit ini sebelumnya.

Eksim dapat muncul selama infeksi atau setelahnya dan biasanya berlangsung selama beberapa hari. Kondisi kulit yang umum sebagian besar mempengaruhi bagian-bagian yang terkena sinar matahari seperti leher, dada atau tangan. Namun, dalam kasus Covid-19 alasannya tidak diketahui.

3. Hives / Kulit Melepuh

Hive atau kulit melepuh merupakan sejenis ruam yang muncul secara tiba-tiba dan selama beberapa jam. Ruam ini berbentuk benjolan merah dan gatal yang dihasilkan dari reaksi kulit.

Benjolan bervariasi dalam ukuran dan datang dan pergi dari waktu ke waktu ketika menderita infeksi apapun. Biduran bisa terasa gatal dan bisa muncul di beberapa bagian tubuh, termasuk paha, punggung, dan wajah.

4. Ruam Mulut

Ruam mulut, juga dikenal sebagai enanthem, bisa menjadi tanda lain dari Covid-19. Ruam semacam ini muncul di bibir, membuat mulut terasa kering dan bersisik.

Dalam beberapa kasus, bibir bahkan mungkin terasa sakit. Mulut bahkan bisa membengkak dari dalam yang menyebabkan kesulitan makan dan berbicara.

5. Pityriasis Rosea

Pityriasis rosea (PR) merupakan ruam jinak yang biasanya dimulai sebagai bintik bundar atau oval besar di dada, perut, atau punggung Anda. Tambalan melingkar yang dikenal sebagai tambalan herald bisa mencapai lebar 4 inci. Jenis tambalan ini sering dipicu oleh infeksi virus, sebagian besar di antara anak-anak dan dewasa muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro