Buah delima bisa menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit kronis
Health

10 Makanan Sehat Penambah Usia dan Cegah Penyakit Kronis

Annasa Rizki Kamalina
Jumat, 28 Januari 2022 - 00:39
Bagikan

Biji Rami, Delima, Alpukat, Tomat, dan Peptida Kolagen

  1. Biji rami

Biji rami atau flax seed menawarkan manfaat kesehatan yang mengesankan. Biji rami mengandung jenis antioksidan yang dikenal sebagai lignin. 

Lignan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, biji rami tinggi omega-3 asam alfa-linolenat (ALA), untuk mendukung membran kulit yang sehat.

  1. Delima

Seperti kebanyakan buah-buahan, buah delima penuh dengan nutrisi sehat.

Buah berwarna merah ini tinggi serat, potasium, dan vitamin K, yang membantu mendukung kesehatan jantung. Mereka juga kaya antioksidan, seperti flavonol, tanin, asam fenolik, dan lignan.

Antioksidan ini juga membantu melindungi kolagen kulit yang ada dan mendorong kulit untuk membuat kolagen baru.

  1. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat untuk jantung, serat, dan beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan.

Kandungan lemak tak jenuh tunggalnya yang tinggi dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan mendukung membran kulit yang sehat, sementara kandungan antioksidannya yang tinggi dapat melawan radikal bebas yang merusak dan menua kulit.

Mempertimbangkan rasa lezat dan keserbagunaan alpukat, menambahkannya ke dalam makanan Anda adalah cara mudah untuk mendapatkan nutrisi ekstra untuk kesehatan kulit.

  1. Tomat

Tomat memberikan banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, beberapa di antaranya dapat dikaitkan dengan kandungan likopennya yang tinggi.

Likopen adalah sejenis karotenoid yang memberi warna merah pada tomat. Kandungan ini bertindak sebagai antioksidan untuk membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Menyatukan asupan tomat dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun atau alpukat, secara signifikan meningkatkan penyerapan likopen tubuh.

  1. Peptida kolagen

Kolagen adalah protein tubuh yang paling melimpah. Secara khusus, itu ditemukan dalam jumlah tinggi di kulit dan persendian.

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita mulai memecah kolagen dan memproduksinya dengan kurang efektif. Hal ini dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan kulit secara bertahap, seperti kerutan dan kulit kendur.

Meskipun proses ini tidak dapat dihindari dan merupakan bagian alami dari penuaan, mengonsumsi makanan yang mendukung sintesis kolagen dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda lebih lama. Ini termasuk makanan kaya protein dan vitamin C.

Menghindari aktivitas yang mempercepat pemecahan kolagen juga dapat membantu. Kegiatan ini meliputi berjemur di bawah sinar matahari dan merokok.

Secara umum, mengonsumsi makanan yang kaya protein adalah kunci kesehatan kulit. Fokus pada makan makanan yang kaya protein dan kemudian konsumsi suplemen kolagen jika Anda ingin meningkatkan asupan Anda lebih jauh.

Makanan kaya protein yang sehat untuk dimakan secara teratur meliputi ayam, tahu, ikan, dan telur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro