Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asal-usul Munculnya 12 Hewan di Shio China, Apa Makna Macan Air?

Apa sebenarnya makna tahun macan air? Bagaimana asal-usul munculnya 12 hewan dalam zodiak China atau yang dikenal dengan istilah shio? Simak penjelasannya!
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Januari 2022  |  12:44 WIB
Ilustrasi 12 hewan dalam shio atau zodiak China - Freepik
Ilustrasi 12 hewan dalam shio atau zodiak China - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - 1 Februari 2022, masyarakat Tionghoa di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Imlek. Perayaan Tahun Baru Imlek 2022 dihitung sebagai tahun macan air.

Apa sebenarnya makna tahun macan air? Bagaimana asal-usul munculnya 12 hewan dalam zodiak China atau yang dikenal dengan istilah shio?

Sebagimana dilansir dari Parade seperti dikutip dari Tempo.co pada Minggu (30/1/2022), asal usul zodiak Cina atau shio ternyata berdasarkan dari cerita mitologis. Kisah tersebut ini berawal dari Kaisar Langit atau Kaisar Giok yang mengadakan perlombaan dan mengundang seluruh makhluk di dunia untuk berpartisipasi.

Namun, perlombaan tersebut hanya dihadiri oleh 12 hewan saja. Adapun 12 hewan tersebut antara lain sapi, kelinci, harimau, ular, tikus, monyet, kuda, domba, ayam jago, anjing, dan naga.

Kaisar Giok memutuskan untuk memberi 12 hewan tersebut semua tahun yang diberikan oleh masing-masing hewan dalam satu siklus. Perlombaan tetap dilaksanakan guna menentukan urutan penempatan dalam siklus tersebut.

12 hewan tersebut harus lomba lari melewati rintangan yang sudah dipersiapkan oleh Kaisar Giok. Dari perlombaan tersebut, tikus berhasil memenangi lomba tersebut. Sayangnya, tikus menang melalui melalui cara yang curang.

Di rintangan terakhir, yaitu melewati sungai, tikus merasa lelah dan tidak bisa menyeberangi sungai tanpa bantuan. Akhirnya, tikus meminta tolong kerbau yang di belakangnya untuk membiarkan tikus menumpang di kepalanya.

Namun, ketika sampai garis finish, tikus melompat terlebih dahulu. Alhasil, tikus menjadi urutan pertama disusul oleh kerbau di urutan kedua.

Urutan ketiga diduduki oleh macan setelah berjuang menyelamatkan diri dari arus sungai yang menyeretnya. Di belakang macan, menyusul kelinci dan naga di urutan keempat dan kelima.

Setelah itu, ular menempati posisi keenam. Kuda berada di urutan ketujuh. Kuda seharusnya seharusnya bisa menempati posisi keenam. Namun, kuda kaget karena terdapat ular di depannya.

Sementara itu, domba, monyet, dan ayam jago bekerja sama membuat rakit untuk menyeberangi rintangan sungai dan menyelesaikan balapan dan memeroleh urutan kedelapan, kesembilan, dan kesepuluh.

Anjing dan babi menjadi dua hewan yang menempati posisi ekor. Anjing menduduki posisi kesebelas setelah melawan diri untuk tidak takut dengan suara gemericik sungai. Sementara itu, babi terlalu banyak makan sehingga babi memilih untuk tidur siang.

Kaisar Giok yang melihat kelakuan babi hampir menyerah kepadanya. Namun, babi akhirnya berhasil melewati sungai dan ditempatkan di urutan terakhir dalam siklus.

Macan Air

Setiap hewan memiliki sifatnya masing-masing ketika menyelesaikan rintangan dari Kaisar Giok. Karakter hewan-hewan ini secara tidak langsung merefleksikan sikap dalam diri seseorang. Pada tahun ini, waktunya shio macan air berkuasa sepanjang tahun.

Orang dengan shio macan lahir di tahun-tahun berikut: 1902, 1914, 1926, 1938, 1950, 1962, 1974, 1986, 1998, 2010, 2022.

Dikutip dari People.com, mereka yang lahir selama tahun macan dikatakan memiliki beberapa kualitas hewan itu sendiri, termasuk sosok pemimpin yang berani, tegas, dan alami.

Tanda-tanda harimau dikatakan haus akan sensasi dan mendambakan atau haus akan perhatian. Macan juga sering disebut memiliki sikap pemarah, tetapi memiliki kemurahan hati.

Jika Anda lahir di Tahun Macan, tidak hanya ciri-ciri yang disebutkan di atas selaras dengan kepribadian Anda. Namun, Anda juga memiliki kesamaan dengan sejumlah selebritas terkenal, termasuk Ratu Elizabeth II, Lady Gaga, Leonardo DiCaprio, dan banyak lagi!

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imlek ramalan shio

Sumber : Tempo.co

Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top