Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Valentine 2022: Sejarah, Makna, dan Hal yang Perlu Diketahui

Simak sejarah, makna, hingga hal-hal yang perlu diketahui tentang Hari Valentine yang jatuh setiap tanggal 14 Februari.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 14 Februari 2022  |  11:45 WIB
Hari Valentine 2022: Sejarah, Makna, dan Hal yang Perlu Diketahui
Ilustrasi Hari Kasih Sayang atau Valentine's Day - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Hari kasih sayang atau Valentine's Day telah tiba dan akan diperingati setiap 14 Februari. Hari Valentine memiliki arti penting bagi mereka yang sedang jatuh cinta atau yang ingin mengungkapkan kasih sayang kepada pasangannya.

Tak hanya itu, momen Valentine juga menjadi kesempatan bagi sebagian pasangan untuk berbagi lebih banyak perhatian dan kasih sayang. Kebanyakan dari kita merayakan Hari Valentine dengan kencan makan malam yang mewah, memberikan bunga, dan hadiah.

Namun, sebenarnya bagaimana asal usul hari kasih sayang? Seperti yang dilansir dari First Post, Senin (14/2/2022).

Sejarah Hari Valentine

Diyakini bahwa Hari Valentine berasal dari Roma kuno, ketika pesta Lupercalia dirayakan dari 13 Februari hingga 15 Februari. Seekor kambing dan anjing dikorbankan oleh pria pada hari-hari ini dan wanita dicambuk dengan kulit hewan yang dikorbankan karena diyakini akan membuat mereka subur.

Selama festival, undian perjodohan juga akan dilakukan. Pria akan menggambar nama wanita dari toples dan akan berpasangan dengan wanita itu selama festival, atau bahkan lebih lama.

Sementara pesta Lupercalia adalah ritual yang umum pada abad ke-3 M, ketika hari kasih sayang diberi nama Valentine. Saat itu, Kaisar Claudius II telah memerintahkan Santo Valentine, seorang pendeta yang membantu pasangan Kristen dalam pernikahan, untuk dieksekusi.

Kaisar Claudius II menentang pernikahan pria lajang dan memerintahkan agar Santo Valentine dipenggal. Eksekusi terjadi pada 14 Februari. Dikatakan juga bahwa ketika St. Valentine dipenjara, dia merawat putri sipir yang buta, dan bahkan menulis kartu yang bertuliskan ‘from your Valentine.’

Pada abad ke-5, Paus Gelasius mengusir ritual pagan Lupercalia dan menggabungkannya dengan Hari St. Valentine. Setelah ritual pagan hilang, perayaan Hari St. Valentine tumbuh menjadi lebih romantis di kehidupan.

Kemudian, festival ini jadi penuh tentang cinta dan keintiman. Penyair populer seperti Geoffrey Chaucer dan William Shakespeare juga mempopulerkan hari ini dengan menulis hal-hal manis tentang cinta dan gairah.

Sementara itu, kartu buatan sendiri dipertukarkan sebagai tanda cinta dan penghargaan. Lalu, tradisi masuk ke abad ke-19 dan revolusi industri memungkinkan untuk menghasilkan sejumlah kartu khusus acara Valentine.

Sejak itu, Hari Valentine dirayakan dengan penuh kasih sayang dengan bertukar kartu, hadiah, dan bunga untuk mengungkapkan cinta kepada orang yang dicintai.

Saint Valentine/History

Signifikansi dan Perayaan Hari Valentine

Hari Valentine merupakan perayaan cinta, ketika orang-orang menyatakan perasaan dan memberi tahu betapa mereka mengagumi kekasihnya. Pasangan membuat satu sama lain merasa istimewa dengan menghujani kehangatan dan kasih sayang.

Hadiah, harapan, dan mawar merah disajikan kepada orang penting lainnya sebagai simbol keindahan dan cinta. Pada era modern, perayaan hari ini juga termasuk kencan romantis dan makan malam dengan cahaya lilin.

Di banyak bagian dunia, hari ini juga dirayakan dengan mengungkapkan cinta kepada teman dan anggota keluarganya. Menonton film, memasak makanan bersama teman, atau mengadakan pesta, merupakan cara penting di sebagian negara untuk menikmati Hari Valentine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hari valentine valentine
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top