Tuvalu, salah satu negara di Oceania
Travel

8 Negara Ini Sudah Nol Kasus Covid-19, Apa Rahasianya?

Nabila Dina Ayufajari
Selasa, 22 Februari 2022 - 13:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 hampir berlangsung tiga tahun sejak kemunculan pertamanya pada 2019 di Wuhan, China. Meski terdengar tak mungkin, ini 8 negara yang sudah nol kasus Covid-19.

Di tengah melonjaknya kasus positif akibat varian Omicron, terdapat beberapa negara telah berhasil mencegah virus sejak awal pandemi. Bahkan, Bahan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan sejumlah negara benar-benar mencapai nol kasus Covid-19.

Siapa saja negara tersebut dan bagaimana caranya mereka bisa terbebas dari Covid-19? Berikut daftar 8 negara yang sudah melaporkan nol kasus Covid-19 seperti dikutip dari Times of India, Selasa (22/2/2022).

1. Tokelau

Dengan tiga atol karang tropis di Samudra Pasifik Selatan, Tokelau telah terdaftar sebagai negara yang terbebas Covid-19 oleh WHO. Hal ini karena tidak ada bandara di Tokelau sehingga negara ini hanya dapat diakses dengan kapal.

Selain itu, dengan populasi hanya 1.500 penduduk, destinasi ini juga menyebut dirinya sebagai negara pertama yang sepenuhnya ditenagai oleh energi terbaharukan (renewable energy).

2. Tuvalu

Sesuai laporan WHO, hampir 50 dari 100 orang telah divaksinasi penuh terhadap Covid-19 di Tuvalu. Negara kepulauan di Pasifik Selatan ini terdiri dari kelompok enam atol dan tiga pulau karang.

Meskipun merupakan anggota Persemakmuran, tetapi Tuvalu berhasil mencegah Covid-19 dengan menerapkan karantina wajib dan menutup perbatasannya.

3. Kepulauan Pitcairn

Pulau-pulau ini terletak di Samudra Pasifik yang terdiri dari empat pulau, yaitu Henderson, Oeno, Pitcairn, dan Ducie. Wilayah Luar Negeri Inggris ini dikenal sebagai wilayah berpenduduk paling sedikit di dunia.

Sesuai catatan, orang Polinesia adalah penghuni pertama Kepulauan Pitcairn, dan itu satu-satunya pulau yang berpenghuni. Selain itu, sesuai catatan, Kepualuan Pitcairn memiliki populasi hanya 50 orang dan mereka berhasil menjauh dari virus Covid-19.

4. Saint Helena

Terletak di Samudra Atlantik Selatan, Saint Helena dianggap sebagai salah satu lokasi paling terpencil di dunia. Destinasi ini terletak lebih dari 1.200 mil di barat pantai barat daya Afrika dan 2.500 mil dari Rio de Janeiro.

Selain itu, Saint Helena memiliki populasi sekitar 4.500 dan berhasil mencegah virus. Sesuai laporan daftar WHO, 58 orang per seratus penduduk telah divaksinasi lengkap di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro