Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Alami Mengobati Sakit Gigi di Rumah

Berikut tips menyembuhkan sakit gigi di rumah dengan cara alami, termasuk peppermint.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 25 Februari 2022  |  20:12 WIB
Sakit gigi - istimewa
Sakit gigi - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Sakit gigi dapat melemahkan jika tidak diobati dan dapat mengganggu segalanya mulai dari tidur hingga kemampuan Anda untuk makan dan minum.

Untungnya ada sejumlah pengobatan rumahan yang dapat digunakan untuk meredakan gejala sakit gigi Anda.

Sakit gigi disebabkan oleh pembengkakan di dalam gigi. Enamel gigi yang keras memaksa tekanan ke dalam suplai darah dan ujung saraf. Berikut cara menyembuhkan sakit gigi di rumah dilansir dari Express UK:

1. Mulai dengan obat penghilang rasa sakit

Ibuprofen dan aspirin adalah obat terbaik untuk sakit gigi karena mereka menargetkan peradangan serta rasa sakit yang berdenyut. Aspirin harus digunakan untuk mengatasi nyeri tumpul selama mulut Anda tidak berdarah, dan ibuprofen dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan demam. Keduanya dapat diganti dengan parasetamol untuk mengurangi rasa sakit gigi secara efektif.

2. Minyak kelapa

Jika Anda tidak dapat mencari perawatan gigi segera, maka gunakan minyak kelapa sebagai obat sementara. Tuang cotton bud bersih ke dalam minyak kelapa organik dan oleskan dengan lembut ke area yang sakit. Bahan alami ini akan bertindak sebagai antiseptik sekaligus mengurangi peradangan dan menenangkan rasa sakit.

3. Gunakan pasta bawang putih

Bawang putih telah digunakan sebagai obat selama berabad-abad dan merupakan salah satu pereda nyeri alami terbaik di luar sana. Untuk menggunakan bawang putih pada sakit gigi, hancurkan satu siung bawang putih besar menjadi pasta dan oleskan ke daerah yang terkena.

4. Gunakan minyak esensial

Minyak esensial cengkeh dan thyme keduanya efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan mulut. Encerkan sekitar 15 tetes minyak cengkeh dalam satu ons minyak bunga matahari dan oleskan dengan lembut ke daerah yang terkena menggunakan cotton bud. Tambahkan minyak thyme ke dalam air dan gunakan sebagai obat kumur untuk merawat seluruh mulut.

5. Tenangkan gusi dengan kantong teh peppermint

Peppermint adalah salah satu obat herbal paling serbaguna dan bahkan dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit di mulut Anda. Seduh secangkir teh peppermint, lalu keluarkan teh celupnya agar dingin. Oleskan ke bagian dalam mulut Anda untuk menenangkan gusi dengan sensasi menyegarkan dari daun mint yang hangat. Anda juga dapat memasukkan kantong teh ke dalam freezer selama beberapa menit agar dingin.

Cara mencegah sakit gigi

Sakit gigi bisa menjadi pengalaman yang sangat menyakitkan dan membuat frustrasi, tetapi ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa memperburuknya. Berikut cara mencegahnya:

1. Hindari mengisap jempol

Menurut Dr Kasem, mengisap jempol tidak hanya akan membuat kulit Anda keriput, tetapi juga dapat menyebabkan sakit gigi. Mengisap ibu jari Anda dalam waktu lama dapat menyebabkan "gigitan abnormal", yang dapat membuat Anda lebih rentan terhadap sakit rahang dan gigi yang konsisten.

2. Flossing biasa

Penyakit gusi adalah penyebab utama sakit gigi, mempengaruhi sekitar 90 persen orang dewasa di Inggris saja. Flossing secara teratur sangat penting jika Anda ingin melindungi gigi Anda dan menghindari gusi yang sakit, meradang, dan berdarah.

3. Mengurangi mengonsumsi roti putih

Makanan yang terlalu manis dan karbohidrat yang tidak dimurnikan dapat mendatangkan malapetaka pada kesehatan mulut Anda dan bahkan dapat menyebabkan sakit gigi. Roti putih adalah penyebab sakit gigi yang terkenal karena kandungan gulanya yang tinggi. Ketika gula dalam roti putih dipecah, dapat menyebabkan gigi berlubang (lubang kecil di mulut) yang rentan terhadap infeksi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obat Sakit Gigi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top