Ilustrasi perempuan meminum air putih untuk jaga imunitas tubuh/Freepik
Health

Tips Menjaga Imunitas Tubuh Tetap Optimal

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 25 Februari 2022 - 21:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masa pandemi saat ini menuntut masyarakat untuk membekali diri dengan daya tahan tubuh optimal agar tidak mudah terkena virus COVID-19, khususnya varian omicron yang memiliki tingkat penularan lebih tinggi dibandingkan varian lainnya.

dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM., Dokter Spesialis Gizi Klinik mengatakan, selama masa pandemi masih berlangsung, masyarakat tetap perlu konsisten dalam menjalankan protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh. 

Menurutnya, sistem imunitas didesain untuk mengenal dan menghancurkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh manusia termasuk bakteri dan virus. Sistem imunitas merupakan proses yang kompleks dalam tubuh sampai tingkat sel.

"Untuk menunjang kerja sistem imunitas tubuh diperlukan kualitas kesehatan yang baik termasuk dari nutrisi. Maka dari itu, penting untuk menjaga imunitas tubuh tetap optimal untuk mencegah risiko berbagai macam penularan penyakit, termasuk COVID-19.” paparnya

Dia menambahkan, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh tetap optimal adalah dengan melakukan gaya hidup sehat aktif dan mengonsumsi asupan nutrisi alami yang lengkap makronutrisi dan mikronitrisi yang meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan zink serta mineral.

Selain itu dibutuhkan serat dan cairan. Beberapa sumber asupan kita sehari-hari bisa melengkapi kebutuhan ini seperti yang terkandung dalam susu.

Susu merupakan salah satu sumber protein yang baik yang bisa memaksimalkan kerja sistem imun dalam melawan berbagai infeksi, susu juga mengandung Zink atau seng yang dapat mendukung respons sistem imun tubuh dalam melawan virus atau bakteri dan mengurangi risiko terjadinya infeksi, serta Vitamin B12, D, A, E dan C yang berperan penting dalam memaksimalkan fungsi imunitas tubuh. Asupan nutrisi tersebut berperan penting dalam dalam menjaga sistem imun, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.”

Haryadi Raharjo, Scientific and Nutrition Fonterra Brands Indonesia mengatakan, susu memiliki nutrisi lengkap yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan memastikan sistem imun tubuh berfungsi dengan baik.

"Terutama susu dengan kandungn HI ZEnC sangat berpengaruh terhadap fungsi normal sistem imun tubuh dalam mencegah ataupun membantu penyembuhan terhadap penyakit menular (infeksi virus dan bakteri patogen) dan tidak menular (degeneratif, diabetes, darah tinggi, osteoporosis, osteoarthritis, dan lain-lain) serta mempercepat pemulihan. Di Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X kita memiliki kandungan tersebut.” ujarnya.

Dia memaparkan, kandungan HI ZEnC dalam susu cukup untuk mendukung tubuh kita agar memiliki sistem imun tubuh yang baik. Zink berfungsi untuk perkembangan sel-sel imun, dan antioksidan dalam melindungi sel-sel imun, Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan kuat, melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, dan anti-inflamasi, serta mengatur masuknya leukosit ke tempat terjadinya infeksi/inflamasi, sementara Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan kuat, melindungi sel-sel tubuh termasuk sel-sel imun dari radikal bebas yang dibebaskan saat proses melawan virus/bakteri patogen atau tekanan oksidatif lainnya, dan mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan produksi kolagen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro