Sampel swab yang akan diuji untuk virus corona di sebuah rumah sakit di Wuhan, China, Sabtu (14/3/2020)./Bloomberg
Health

Penelitian Kembali Ungkap Virus Corona Berasal dari Pasar 'Basah' Wuhan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 27 Februari 2022 - 11:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan merilis dua penelitian ekstensif yang sekali lagi menunjuk ke pasar di Wuhan, China, sebagai asal mula pandemi virus corona.

Kedua laporan tersebut, yang berjumlah sekitar 150 halaman, belum diterbitkan dalam jurnal ilmiah.

Para peneliti menganalisis data dari berbagai sumber untuk mengungkap bagaimana virus pertama kali muncul. Mereka menyimpulkan bahwa virus corona muncul pada mamalia hidup yang dijual di Pasar Grosir Makanan Laut Huanan pada akhir 2019.

Hasil studi ini kembali mengingatkan kita pada dugaan virus corona berasal dari“pasar basah” China di awal pandemi muncul.

Penelitian baru menunjukkan bahwa virus itu menyebar ke orang yang bekerja atau berbelanja di pasar. Dan para peneliti mengatakan mereka tidak menemukan dukungan untuk hipotesis alternatif bahwa virus corona muncul dari laboratorium di Wuhan.

Presiden AS Joe Biden telah memerintahkan agar badan-badan intelijen menyelidiki bagaimana virus itu muncul. Biden mengatakan bahwa intelijen AS berfokus pada dua skenario apakah virus corona berasal dari kontak manusia dengan hewan yang terinfeksi atau dari kecelakaan laboratorium.

Sebagian besar ilmuwan melihat hubungan antara deforestasi dan perubahan habitat dengan pandemi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperkirakan bahwa tiga dari setiap empat penyakit menular baru atau yang muncul pada manusia berasal dari hewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro