Umat Hindu meletakkan sesaji saat mengikuti Upacara Tawur Agung Kesanga di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta, Rabu (2/3/2022). Tawur agung yang diikuti umat Hindu di kawasan Jabodetabek itu sebagai penyucian diri guna memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944./Antara
Fashion

6 Makanan Khas Bali saat Hari Raya Nyepi 2022

Newswire
Kamis, 3 Maret 2022 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 jatuh pada 3 Maret 2022. Saat merayakan, umat Hindu harus menaati aturan seperti larangan untuk bepergian, bekerja atau menyalakan api.

Maka, memasak pun salah satu hal yang dilarang saat Nyepi. Apa saja kuliner yang identik dengan Hari Raya Nyepi?

Lawar

Dikutip dari berbagai sumber, hidangan ini dibuat dari campuran sayur, daging serta bumbu kaya rempah. Lawar yang dilengkapi dengan parutan kelapa bakar adalah makanan favorit dalam upacara-upacara adat di Bali. Tampilannya serupa urap dengan bumbu penuh aroma.

Betutu

Lauk berupa unggas utuh dan di dalamnya diisi dengan bumbu rempah, dibungkus daun pisang, dimasukkan ke bara api. Betutu dipanggang berjam-jam sehingga dagingnya terasa lembut.

Nasi tepeng

Dikutip dari buku "Mengenal Kuliner Bali" karya Risa Panti Arianti, nasi tepeng terbuat dari beras yang dimasak dengan api kecil.

Nasi tepeng yang teksturnya lebih lembek disajikan dengan urab sayur, kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor serta kelama parut.

Pulung Nyepi

Jajanan khas Nyepi ini dibuat dari tepung beras yang dicampur kanji kemudian dikukus. Setelah itu, adonan diuleni dan dibentuk lonjong memanjang, lalu direbus dan ditiriskan. Parutan kelapa muda menjadi teman dari jajanan ini.

Cerorot

Jajanan basah ini punya ciri khas rasa manis dan tekstur lembut. Cerorot memang bisa dihadirkan di upacara-upacara adat. Berbahan dasar tepung beras, adonan yang dikukus ini berbentuk seperti corong.

Entil

Entil adalah makanan sejenis ketupat, terdiri dari beras dengan dibungkus daun bambu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro