Ilustrasi hasil tes Covid-19 varian Omicron/The Guardian
Health

WHO Pelajari Cucu dari Omicron Sub Varian BA.3

Mia Chitra Dinisari
Senin, 7 Maret 2022 - 10:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sedang melacak beberapa sublineage dari varian Covid Omicron, termasuk BA.1, BA.1.1, BA.2, dan BA.3.

Badan kesehatan global juga melihat data dunia nyata tentang apakah, secara eksperimental pada hamster, subvarian Omicron ini dapat menyebabkan "penyakit yang lebih parah" dalam kondisi eksperimental ini.

Pakar penyakit menular terkemuka WHO Maria Van Kerkhove mengatakan Omicron masih tetap menjadi "varian yang menjadi perhatian" dan bahwa WHO melacak Omicron di beberapa sublineage.

"Yang paling menonjol yang terdeteksi di seluruh dunia adalah BA.1, BA.1.1 dan BA.2. Ada juga BA.3 dan sublineage lainnya juga," katanya dilansir dari Mint.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sublineage Omicron ini, sebuah penelitian berjudul 'Emergence of Omicron third lineage BA.3 dan pentingnya', dan diterbitkan dalam Journal of Medical Virology, dilakukan pada bulan Januari. Ini menjelaskan bagaimana badan kesehatan global harus melihat Omicron BA.3.

Apa itu Omcron BA.3?

Setelah kemunculan Omcron pada November 2021 di Botswana, WHO mengklasifikasikannya sebagai varian kelima yang menjadi perhatian. Ditemukan bahwa Omicron juga merupakan varian SARS-CoV-2 yang paling banyak bermutasi sejauh ini, yang kini telah beredar di 150 negara/wilayah hingga 8 Januari 2022. Omicron memiliki tiga garis keturunan BA.1, BA.2, dan BA.3 .

Studi tersebut menunjukkan bahwa garis keturunan BA.1 dan BA.2 berbeda dalam protein lonjakannya tetapi tidak ada mutasi spesifik untuk garis keturunan BA.3 dalam protein lonjakan, katanya, menambahkan bahwa itu adalah kombinasi dari mutasi pada BA.1 dan BA .2 protein lonjakan.

Ketiga garis keturunan pertama kali terdeteksi pada waktu yang hampir bersamaan dan dari tempat yang sama: BA.1 (Botswana), BA.2 (Afrika Selatan) dan BA.3 (Afrika Selatan Barat Laut). "Oleh karena itu, virus yang berkembang secara bersamaan dan dari tempat yang sama memiliki peluang yang sama untuk menyebar ke seluruh dunia," studi tersebut menunjukkan.

Meskipun ketiga garis keturunan telah menyebar ke seluruh dunia, tingkat penyebaran ketiga garis keturunan ini berbeda. “Dari ketiga garis keturunan ini, patut dipertanyakan mengapa hanya BA.1 yang mendominasi jauh lebih banyak daripada garis keturunan lainnya. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perbedaan mutasi pada protein lonjakan yang diperlukan untuk transmisi virus dan masuknya sel inang,” studi tersebut menunjukkan.
Seberapa menular BA.3?

Studi ini menemukan bahwa dari 33 mutasi pada protein lonjakan garis keturunan BA.3, 31 mutasi umum terjadi pada BA.1. "Garis keturunan BA.3 menyebabkan jumlah kasus terendah di ketiga garis keturunan ini. Oleh karena itu, dapat diperkirakan bahwa alasan garis keturunan BA.3 menyebar dengan kecepatan yang sangat rendah dan menyebabkan lebih sedikit kasus mungkin karena hilangnya enam mutasi. dari BA.1 atau memperoleh dua mutasi dari BA.2," studi tersebut menemukan.

Studi tersebut mengatakan Omicron sejauh ini dianggap menyebabkan penyakit ringan, tetapi "mungkin juga mengembangkan beberapa mutasi" yang dapat menyebabkan penyakit serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro